Cara Install Aplikasi Android di SDcard Tanpa Root

Seperti kita ketahui bahwa Android memiliki ribuan aplikasi bagus yang menghibur dan juga berguna dalam menunjang aktivitas keseharian kita, namun terdapat kendala untuk menikmati berbagai aplikasi tersebut.

Terutama bagi beberapa jenis perangkat Android kelas menengah ke bawah, seperti Samsung Galaxy Y, LG Optimus Me serta handphone sejenis lain yang masih sekelas dengan ukuran memori internal yang sangat minim.

Dengan catatan untuk kelas ini rata-rata vendor hanya memberi jatah kapasitas memori internal 200 MB kebawah, dimana jika kapasitas memori internal terus dipaksa untuk diisi hingga hampir penuh dapat berakibat pada lambatnya respon akses perintah pada perangkat.

Untuk mengatasi hal tersebut terdapat berbagai cara untuk mengakali agar setiap aplikasi yang terinstal disimpan di memori eksternal (SDcard), salah satunya dengan menggunakan bantuan aplikasi yang dapat membuat aplikasi terinstal di SDcard seperti App2sd.

Namun aplikasi ini membutuhkan root terlebih dahulu agar dapat digunakan, selain itu juga harus melakukan langkah-langkah merepotkan lain seperti backup terlebih dahulu dan resiko kehilangan garansi, untuk itu cara ini bagi sebagian orang yang masih awam maupun pengguna baru Android dianggap cukup merepotkan.

Hingga kemudian saya berupaya mencari cara menginstal aplikasi ke SDcard tanpa harus melalui prosedur root, salah satunya dengan menggunakan program SDK Android yang dapat di download secara gratis di situs Android Developer, dengan melakukan beberapa perintah dalam mode debug.

Namun perlu dicatat bahwa dalam metode SDK ini tidak serta merta dapat memuat semua aplikasi tanpa batas, namun cara ini hanya mengkompresi jumlah data yang diinstal di memori internal. Pada dasarnya ada beberapa aplikasi yang pada pengaturan aplikasi dapat dipindahkan ke SDcard namun ada pula aplikasi yang tidak dapat dipindahkan, karena terhalang oleh tombol "move to sd card" yang tidak respon seperti dibawah ini.



Sehingga untuk mengubah default "move to sd card" kita menggunakan program SDK Android, berikut tutorial singkat untuk mengubahnya :

Persiapan

  1. Pastikan Driver Perangkat Android anda sudah terinstal di PC, misalnya Samsung Kies pada Android Samsung, atau PC Companion pada Sony Ericsson, hal ini untuk memudahkan PC mengenali perangkat anda di sistem.
  2. Sediakan Kabel Data untuk menghubungkan perangkat Android ke PC, yang tentunya harus di set dulu ke Debug USB.
  3. Instal terlebih dahulu program SDK Android dari situs Android Developer, sesuaikan dengan OS PC anda, pihak Android.Inc menyediakannya secara gratis di sini.

Langkah-Langkah

  • Ekstrak file yang sudah di download, kemudian jalankan sdkmanager.exe (ada pada folder android-sdk-windows yang sebelumnya di ekstrak) > kemudian pilih komponen yang akan diinstall, terdapat banyak komponen namun cukup install 4 komponen utama dengan nama Android SDK Tools, Android SDK Platform Tools, SDK Platform Android 2.2 (sesuaikan dengan versi Android anda) serta sample for SDK API 8, sehingga ketika proses instalasi yang mengharuskan kita men-download komponen tersebut selesai akan terlihat seperti di bawah ini.


  • Setelah SDK Manager selesai dipasang, kemudian buka Command Prompt pada Windows (untuk masuk ke Command Prompt, klik Start > All ProgramsAccessoriesCommand Prompt), hal ini dilakukan untuk memasuki folder platform tools pada SDK Manager.
  • Kemudian ketik perintah berikut pada command prompt:

    Ketik D: (note: sesuaikan dengan partisi harddisk tempat anda menginstal SDK, saya sendiri menginstallnya langsung di Partisi D), hingga kemudian dibawahnya muncul D:\>

    Kemudian ketik lagi D:\>CD\android-sdk\platform-tools, hingga akhirnya muncul dibawahnya D:\>CD\android-sdk\platform-tools>



  • Setelah itu masuk ke Cmd.exe pada Windows (klik C:\Windows\system32\cmd.exe) dan ketik perintah adb devices untuk memastikan bahwa perangkat Android telah benar-benar terhubung, jika telah terhubung akan tampak seperti dibawah ini.


  • Kemudian masih pada program Cmd.exe, ketik perintah adb shell pm setInstallLocation 2 (perhatikan caps lock), yang merupakan langkah akhir yang akan mengganti default penyimpanan aplikasi terinstal ke memori eksternal (SDcard).


  • Setelah proses selesai maka aplikasi yang sebelumnya tidak dapat di pindah ke SDcard karena tombol tidak aktif tadi akan menjadi aktif, seperti di bawah ini.


Hasilnya ketika kita menginstall aplikasi maka sebagian besar data aplikasi akan otomatis dipindah ke SDcard, misalnya game NFS Shift ketika datanya berada di memori internal akan memakan kapasitas sebesar hampir 40 MB, namun ketika dipindah ke SDcard hanya akan memakan kapasitas kurang dari 500 KB, sehingga memori internal menjadi lebih lega, tanpa harus melakukan root dengan resiko kehilangan garansi pabrik.

Selamat Mencoba.



Sumber :
http://artzone-plus.blogspot.com/2011/11/cara-install-aplikasi-android-di-sdcard.html?showComment=1325566033278#c4695768741312807189

Share this :

Previous
Next Post »
28 Komentar
avatar

makasih banyak gan infonya
tutorial yg bermanfaat
akhirnya bisa juga

Balas
avatar

apa bisa buat smua HP?
kalo xperia neo L gmana?

Balas
avatar

tetep g bisa meski uadh ikuti caranya. facebook tetep g bsa dipindah

Balas
avatar

Hape ane SE WT19i alias Live With Walkman, lancar jaya gan...
coba dirunut step-stepnya dari awal mungkin ada yang kelewat,
dan coba pake Windows 7 yang udah terbukti bisa, kalo Windows XP gak tau bisa apa gak...

Balas
avatar

jawaban ane idem sama agan diatas... :)

Balas
avatar

hape ane SE WT19i alias Live With Walkman, mestinya sesama Sony bisa...

Balas
avatar

Maaf ya gan, tanya donkk.. ?? Kalau Lenovo S880 bisa ngak yaa, dia basisnya LINUX. ??. Thanks for All Attention ya gan. !!

Balas
avatar

Mestinya bisa gan, Lenovo S880 kan pake ICS bukan? dicoba aja... Android kan emang basisnya Linux... (own ur risk)

Balas
avatar

udah ikutin step2nya..
tapi terhenti di bagian command prompt..
waktu aq ketk ini "D:\>CD\android-sdk\platform-tools," terus aq enter,yg keluar malah "no specified path detected" atau apa gitu..
mohon diberi solusi..
thanks before..

Balas
avatar

Coba di cek ulang di drive apa Fanny install SDK-nya, kalau di drive C, ketik di command prompt: C:\>CD\android-sdk\platform-tools

Semoga berhasil...

Balas
avatar

gan kalo mau download sdk toolsnya buat windows,
pilih yg

sdk-tools_r.22.2.1
atau
installer_r.22.2.1

Mohon pencerahannya gan buat sony ericsson wt19i ane

Balas
avatar

sdkmanger gak mau di jalankan gan,apa masalahnya gan ?/

Balas
avatar

Coba dilihat spek komputernya, apa kompatibel sama software SDK Managernya?

Balas
avatar

asslmualaikum..
gan,kalo untuk android samsung gt5282 os Jellybean bisa gak?
Terimakasih

Balas
avatar

wah, ane belum pernah coba di JellyBean gan... tapi coba aja gak ada salahnya gan... good luck :)

Balas
avatar

tetap gak bisa gan gw make samsung galaxy young gt-s560

Balas
avatar

coba dirunut dari awal gan, mungkin ada yang kelewat...

Balas
avatar

hape saya sony xperia tipo gan,,,bisa gak ya

Balas
avatar

klo data yg bawahnya application itu bisa pindah ke sdcard juga gak gan??

Balas
avatar

Hape saya Advan S3A, stok internal 256mb dan banyak dibagi-bagi untuk menjalanan sistem dan yg tersisa hanya sekitar 20mb internal, jika memakai cara ini, apakah saya bisa menginstal aplikasi sebesar 40mb? maksudnya saat memulai download, apakah aplikasi akan masuk ke Internal terlebih dahulu lalu bisa "Move sd card" untuk menghemat internal Atau Hasil Download langsung ke SD card?

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔