Penjajahan Mental Itu Bernama Pendidikan

1 Comment
Dunia pendidikan Indonesia secara jujur saya anggap "morat-marit", berbagai macam kurikulum yang telah diterapkan oleh Pemerintah untuk sekolah terkesan "coba-coba". Pantas saja saya sering melihat anak-anak SD merasa jenuh dengan pelajaran sekolahnya karena mereka "dipaksa" untuk mencerna pelajaran yang sebenarnya mungkin belum waktunya untuk mereka dapatkan. 

Seumur mereka seharusnya lebih banyak bermain daripada belajar, agar mereka tidak jenuh menghadapi pelajaran saat tingkat selanjutnya (SLTP dan seterusnya). Berikut ini adalah penuturan seorang Ayah terhadap dunia pendidikan di Indonesia yang mungkin hampir sama dengan pemikiran saya, yang saya copy paste dari Kompasiana.com:

Menyekolahkan anak malah mengorbitkan perkara. Berselisihlah saya dengan mamanya. Istriku mengapresiasi instruksi-instruksi guru. Iapun seolah kompak dengan guru-guru dan memaksakan anak menggarap PR seabrek. Putra saya dalam tekanan luar biasa. Yang hadir di hatiku hanyalah seonggok rasa iba, sebutir air mata yang tak mau jatuh-jatuh serta segunung kegeraman atas ‘perlakuan dan percobaan demi percobaan’ yang diselenggarakan Depdikbud.

Saya berkata: “Tak usah belajar Nak. Tuh ada bola di depan rumah. Tendang yuuk”. Dan saya tunjukkan sebuah sepeda motor mini (rakitan). “Mainkan Nak. Itu hakmu sabagai anak”. Anak saya sangat senang, istri saya cemberut.

Faktanya adalah betapa banyak PR anak saya, justru yang mengerjakan adalah istriku. Ini suatu bukti bahwa PR tersebut tak sanggup dikerjakan oleh manusia se-umur anak saya. Penugasan itu beraroma andragogik bukan pedagogik.

Okelah…!. Saya sepakat sekali jika pendidikan sanggup mengubah seseorang menjadi lebih baik. Pendidikan dapat menjadi interventor dalam melahirkan manusia-manusia pintar. Namun pun, saya berani berkata bahwa pendidikan juga bertindak sebagai stressor (sumber stres) terhadap anak saya.


Motor mini sebagai pelipur lara kala putra putriku tertekan dengan pola pendidikan di sekolah yang minim afilisasi, kurang kasih sayang (Doc Armand)


Maaf, saya ingin menyekolahkan anak-anak bukan karena kuantitas nilai matematika tinggi, bukan juga karena angka matapelajaran SAINS yang menjulang. Saya menyekolahkan anak agar bermartabat, bermoral, sopan dan memiliki self esteem.

Saya membuat catatan perkembangan perilaku anak-anak saya. Hasilnya mencengangkan: Perilakunya bukannya lembut, malah kian keras dan kadang kasar. Buah-buah pendidikan yang ditemukan di luar rumah sepertinya saya tak bisa terlalu berharap. Dasar itulah hingga suatu waktu saya melayangkan surat ‘cinta’ alias surat protes kepada kepala sekolahnya.


Dengan celana sekolah merah hati, putraku lebih ekspresif berkompensasi. "Rul…kocek bolamu Nak!"


Dalam surat itu saya berterima kasih karena telah membuat anak saya kian impolite, jauh dari rasa menghargai dan doyan menghardik serta mengeluh. Tiada pancaran optimistik dari wajah dan ucapannya. Ia malah memaki gurunya dari jarak jauh. Ia benar-benar tertekan, ia takut gurunya, bukan segan. Ia ingin ungkapkan keluhannya di sekolah. Ia tak berani.


Gambar ini saya jepret di sebuah sekolah dasar di Kabupaten Bone, tempat kelahiran Jusuf Kalla. Kreasi murid dipajang di dinding. Bukankah ini eksploitasi atas nama pendidikan?


Saat ini ia sedang mengikuti UJIAN selama sepekan. Mamanya mewanti-wanti jangan sampai tak lulus. Saya bilang: Papa terima jika anak kita tak lulus. Biarlah anak kita tak lulus secara kuantitatif dan numerikal di sekolah. 

Yang penting di mata saya, ia lulus secara budi pekerti, mentality dan morality. Sebab sesungguhnya pendidikan dan ilmu pengetahuan, ujungnya adalah budi pekerti dan memanusiakan manusia.


Saksikanlah anak-anak ini memilih berkompensasi di halaman sekolah. Dapatkah saya simpulkan bahwa mereka patah arang disasaki penugasan yang minim teknologi psikologi pendidikan? (Doc Armand)


Jika ilmu pengetahuan membuat anak-anakku pintar tetapi kepintarannya untuk memakan orang lain, maka sesungguhnya saya telah sangat menyesali seumur hidupku: ‘Mengapa saya sekolahkan anak-anakku itu?’.

Pendidikan saat ini. Kita diberikan opsi secara tak sengaja oleh sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional): Anakmu mau pintar atau bermoral?. Sulit bagi depniknas merangkul kedua tujuan itu. Jawaban saya: saya memilih anak saya bermoral. Enyahkan kepintaran versi sekolah. Jauhkanlah kepintaran ala depdiknas.

Sebab metode, teknik, capain kurikulum di sekolah untuk anak-anak saya, tak membuatnya lebih baik. Maka saya katakan bahwa sesungguhnya penjajahan mental anak-anak saya terjadi di sekolah dan itu bernama pendidikan.

Via artikel ‘murahan’ ini saya mengusulkan kepada para guru di sekolah:
  1. Hal pertama yang wajib Anda lakukan, sentuhlah jiwa anak kami sebelum menyentuh kognitifnya.
  2. Perlakukanlah secara manusiawi dengan merasionalisasi antara kemampuan dengan beban penugasan. Sebab anak kami bukanlah mesin, bukan pula robot.
  3. Berikan penugasan yang berhubungan langsung dengan kenyataan lapangan. Jangan memberi penugasan yang terlihat KEREN tetapi jauh dari kebermanfaatan dalam tatanan sosial kemasyarakatan.
  4. Ingat motto saudara kita di Jepang: “Mengajar adalah belajar”. Kajilah motto ini agar terhadir rasa kesejajaran dengan murid. Tak selamanya guru adalah superior dan benar. Seorang guru dapat saja membatalkan penugasan kepada muridnya jika ia telah mempertimbangkan bahwa penugasan itu memang tak rasional dan tak layak.
Sekian dari saya selaku seorang ayah yang seolah ingin berkata:
Perkara kualitas moral dan martabat, anak-anak hanya bisa mendapatkannya di rumah. Bukan di sekolah….!
Entahlah….!!!


---------------------------------------------------------
Muhammad Armand

Lahir di Polewali Mandar-Sulawesi Barat. Ikatan Alumni Universitas Indonesia. Mengajar di Universitas Hasanuddin, Makassar-Sulawesi Selatan. Etnis Mandar. Islam Sunni.

Keindahan Pantai Anyer

Add Comment


Masih teringat cerita temanku yang bernama Hamudi Setiyawan Prabowo, dia menceritakan pengalaman kelas kami dahulu yaitu DB21 atau lebih kerennya disebut DeBe21 (nggak beda jauh sih) secara sangat detail. Berikut ini adalah ceritanya yang membuatku ingin mengulang kembali masa-masa kuliah D3 dulu.

Deburan ombak yang bergulung menghempas bibir pantai hingga membuih putih. Yup.. itulah salah satu kenangan indah yang membekas dan berkenan di hati, yaitu ketika aku dan teman-teman anak DeBe21 mengisi libur semesternya dengan pergi ke pantai Anyer. 

Berbagai perencanaan dan persiapan mulai dari transportasi, penginapan, serta doorprize dibuat dengan biaya seminimal mungkin, dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. 

Disinilah, sesepuh serta penasihat agung Bpk. Abdul Manan sebagai panitia yang berperan besar dalam mencerdaskan anak bangsa. Abdul Manan atau yang lebih akrab di kenal "pakde" dan dua srikandi DeBe21 Lia Wulan Surya dan Niken Hapsari Oktora telah mengatur dan merencanakan perjalanan kami sesuai fungsi manajemen sebagai planning, organizing, actuating, dan controlling. Tengkyu teman.

Drrrtt… drtttt… bergetarlah O2 XDA II ku, diiringi notifikasi alarm "ding dong… ding dong…" . Dengan masih bermalas-malasan kulihat layar hape!! Wadduuuh… sudah jam 6 pagi! Bergegas kutinggalkan peraduan, ganti baju kemudian mencangklongkan tas favoritku yang telah kupenuhi bekal semalam. Bismillah hirrahman nirrahim, kutinggalkan rumah tuk menuju kampus yang menjadi tempat pertemuan sebelum bertolak. Oh iya… tanpa mandi!!!

Sesampai di kampus, aku celingak-celinguk mencari teman-temanku, tapi menjumpai batang hidungnya pun tidak. Akupun sempat berpikir bila aku telah tertinggal bus, aahh kutepis pikiran itu jauh-jauh… nggak mungkin teman-temanku meninggalkan salah satu anggotanya yang imut ini. 

Samar-samar kulihat sosok bayangan hitam, menggendong tas ransel sambil menjinjing dua kantung plastik putih. Itu bukan hantu teman, dia adalah temanku… namanya Alief Syahru. Kuhampiri dia seraya menanyakan keberadaan peserta lain, yang ternyata belum pada datang. Indonesia banget… "jam karet". Lalu kubertanya pada Alief "lip, bus kita mana?" Alief hanya tersenyum penuh arti sambil tangan kirinya menunjuk ke seberang jalan . 

"Yang mana?" dengan senyum menggoda Alief bicara "itu lho… yang warnanya biru tua…". Masya allah, yang ditunjuk Alief bukanlah bus, melainkan sebuah truck TNI. Irit sih irit, tapi sungguh tega bila membiarkan pantatku yang tak berisi ini harus beradu dengan kursi kayu tanpa alas. Tak apalah yang penting seru.


Alhamdulillah perjalanan berjalan lancar, walaupun ada peserta yang berhalangan hadir. Perjalanan menggunakan truck tidaklah seburuk yang kubayangkan, tidaklah sampai terombang-ambing seperti bila mengendarai kapal laut, hanya seluruh tubuh bergetar hebat menahan guncangan body kendaraan yang tak mampu diredam oleh suspensi kendaraan. 

Untuk menghilangkan kejenuhan akibat perjalanan jauh dan erangan suara mesin yang membahana, kulambaikan tanganku kepada orang-orang maupun kendaraan yang lalu lalang di sekitar kami layaknya superstar melambaikan tangan kepada para penggemarnya.

Sebelum tengah hari kami tiba di tujuan. Wisma Anthony, hanya terletak beberapa meter saja dari bibir pantai. Tempat yang murah, hanya dengan 700.000 rupiah per malam dengan tiga kamar plus AC, tipi, kulkas, dan kompor gas serta kapasitas yang boleh di huni oleh lebih dari 15 orang (promosi banget… anak bukan, sodara bukan… intinya murah meriah lah). Seperti yang kurencanakan dari rumah, sampai tujuan langsung mandi, tapi bukanlah mandi konvensional melainkan bermain ombak di pantai…


Yuhuuu… bergegas aku menceburkan diri ke laut, eh bukan laut ding… tapi pantai. Pokoknya dengan semangat membara, semangat yang hanya mampu diucapkan oleh pria sejati, aku bertekad bahwa akan kuhabiskan setengah hariku bermain air. 


Karena kebanyakan bergaya bak karang menentang ombak, aku banyak terminum air laut, tenggorokanku menjadi kering. Aku dan teman-teman memutuskan untuk kembali ke wisma. Tapi bagaimana dengan rencanaku tuk menghabiskan setengah hari di air? 


Tenang saja, di wisma juga tersedia air, air yang ditampung dalam jumlah yang banyak dalam suatu wadah yang diberi nama "kolam renang". Ahahai… alhasil, aku dan teman-teman bermain, bercanda, dan berfoto ria di kolam renang. 

Di sana ada juga penjaja buah kelapa muda (emang kelapa bisa dikategorikan buah?). Alhasil, didalam rongga perutku tercampurlah tiga jenis air, yaitu air laut dengan rasa asin pekat sedikit pahit, air kolam dengan rasa kaporitnya, dan air kelapa yang menyegarkan dan mampu mengembalikan ion tubuh yang hilang.

Angin monsoon yang berhembus kencang mengingatkanku bahwa cacing-cacing dalam perutku menjerit meminta jatah makan, maka kuputuskan untuk makan mie kare sebagai pengganjal. Ada yang ngga tau angin monsoon? Itu lho, angin musim kemarau yang berhembus dari arah benua Australia yang membawa hawa panas. 


Lalu apa hubungannya antara angin dan lapar? Baiklah kujelaskan, dalam keadaan udara yang panas, membuat seseorang menjadi gampang marah, untuk marah maka dibutuhkan energi, untuk mendapatkan energi, diperoleh dengan makan. Sudah paham? Ha belum! Sudah aja ya! Apaa… kamu belum paham juga!!! Yang belum paham, silakan baca lagi dari atas. Wookeeh…

Hari makin sore, air laut mulai pasang, dan ombak pun makin tinggi. Hal ini mamacu adrenalinku untuk kembali berenang ke lepas pantai, kembali menantang ombak, terseret hingga jauh dari bibir pantai. 


Prriiiiit… priiiiit… penjaga pantai itu memperingatkan bahwa posisiku dan teman-teman terlalu jauh. Ah padahal lagi seru-serunya, terpaksa aku menepi. Di tepian, aku meminta kepada teman-temanku untuk menguburku dalam kubangan pasir, mereka setuju dan terciptalah sosok baruku yang seperti buaya darat… 


Dalam keadaan terhimpit dan nafasku mulai sesak, aku meminta agar wujudku di abadikan dalam sebuah photo. Tapi alangkah sialnya, kamera Spectraku tertinggal di kamar, yang ada hanya kamera hape kualitas VGA pula. Tak apalah…

Setelah makan malam, diadakan acara pembagian doorprize melalui kuis. Sesion pertama memperebutkan 2 buah tas laptop model jinjing, jujur aku tak tertarik sama hadiahnya, orang beruntung yang mendapat hadiah ini adalah Martotor Parsaulian Silitonga sang kepala suku dan Markus Utomo ajudannya. 

Sesion kedua, hadiahnya paling murah… payung. Kali ini menebak berapa jumlah batang korek yang ada dalam kotaknya. Karena kemampuanku dalam menganalisa suara, aku mampu menebaknya dengan mudah. Alhasil, payung itu berpindah tangan padaku. 

Sesion ketiga, ini adalah hadiah yang kuharapkan. Hadiahnya berupa tas laptop model gendong. Karena barangnya cuma ada satu, untuk memperebutkannya dengan cara diundi. Dengan semangat dan bermodal keberuntungan, tanganku meraih kupon undian. Namun apa yang terjadi? Pak de menegurku seraya mengatakan, "Bow.. elu kan udah dapet payung, jadi ngga boleh ikutan lagi!!!". 

Menyesal aku menjawab kuis di sesion sebelumnya. Tau gini aku berani berspekulasi dengan keberuntunganku untuk mendapatkan hadiah yang ku idamkan… he he he… Oh iya, pemenang kuis di sesion ketiga ini adalah Faberinto, pria yang cocoknya kerja di air.

Sambil menunggu malam beranjak larut, aku dan semua peserta berkumpul di bibir pantai ditemani kopi racikan Yoso Ismoyo seraya bercerita kesana kemari ngga jelas, dan melontarkan beberapa tebakan yang menurutku kesemuanya garing. 

Mungkin bagi orang awam hal itu terdengar lucu, tapi bagiku yang telah lama berkecimpung di dunia humor, hal itu sudah ngga lucu lagi. Yang membuat menarik bagiku adalah ketika Suyoko angkat bicara, logat jawanya itu lho… medhok banget! Sayuti aja lewat…

Lewat tengah malam (kira-kira antara jam 2 dan jam 3 aku tertidur juga, kurasa sebaiknya aku tidak perlu menceritakan apa yang terjadi ketika aku sedang tidur… next.

Pagi hari, bergegas aku bangun hanya untuk melihat sunrise dari pinggir pantai. Aku kecewa, awan terlalu tebal menghalangi jarak pandangku. Untuk melampiaskan kekecewaanku, kubuka baju kemudian renang lagi… ombak meninggi, aku riang sekali. 

Kembali aku dan teman-teman beranjak kepantai untuk bermain air, sepak bola, main ombak lagi, renang di kolam lagi, kemudian bermain ombak lagi. Gokil, kulitku ampe kisut, kulit cerahku melegam akibat terbakar sinar mentari. Gila, jadi gosong hanya dalam tempo sehari.


Tengah hari kami bersiap diri, ke Jakarta aku kan kembali. Pulang dengan mengendarai truk TNI. Sengaja malamnya aku tidur dini hari, agar dalam perjalanan pulang aku bisa terbuai dalam mimpi. 

Perjalanan kembali tak perlulah kuceritakan lagi, karna aku sendiri tak tau apa yang terjadi, yang sejatinya pasti asyik sekali, dan menorehkan kenangan indah yang tersimpan di hati, hati kami...



Manusia dan Keadilan

Add Comment


PENGERTIAN KEADILAN

Menurut Aristoteles

Keadilan adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan diartikan sebagai titik tengah diantara kedua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit., kedua ujung tersebut menyangkut 2 orang atau benda. Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah di tetapkan, maka masing-masing orang harus memperoleh benda atau hasil yang sama.

Menurut Plato

Keadilan diproyeksikan pada diri manusia sehingga akan dikatakan adil adalah orang yang mengendalikan diri, dan perasaannya dikendalikan oleh akal.

Menurut Socrates

Keadilan diproyeksikan pada pemerintahan. Keadilantercipta bilamana warga Negara sudah merasakan bahwa pihak pemerintah sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Mengapa diproyeksikan pada pemerintah, karena pemerintah adalah pimpinan pokok yang menentukan dinamika masyarakat.

Menurut Konghucu

Keadilan terjadi apabila anak sebagai anak dan ayah sebagai ayah. Kemudian raja sebagai raja, masing-masing telah melaksanakan kewajibannya. Pendapat ini terbatas pada nilai-nilai tertentu.

Menurut Pendapat Umum

Keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Keadilan terletak pada keharmonisan menuntut hak dan menjalankan kewajiban.

KEADILAN SOSIAL

Bung Hatta dalam uraiannya mengenai sila “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” menulis sebagai berikut
Keadilan sosial adalah langkah yang menentukan untuk melaksanakan Indonesia yang adil dan makmur. 
Selanjutnya diuraikan bahwa para pemimpin Indonesia yang menyusun UUD 45 percaya bahwa cita-cita keadilan sosial dalam bidang ekonomi adalah dapat mencapai kemakmuran yang merata. Langkah-langkah menuju kemakmuran yang merata diuraikan secara terperinci seperti berikut:

Panitia ad-hoc majelis permusyawaratan rakyat sementara 1966 memberikan perumusan:
Sila keadilan social mengandung prinsip bahwa setiap orang Indonesia akan mendapat perlakuan yang adil dalam bidang hokum, politik, ekonomi dan kebudayaan.
Dalam ketetapan MPR RI No.II/MPR/1978 tentang pedoman penghayatan dan pengalaman pancasila (ekaprasetia pancakarsa) sicantumkan ketentuan sebagai berikut:
Dengan sila keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia manusia Indonesia menyadari hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan social dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
Selanjutnya untuk mewujudkan keadilan sosial itu, diperinci perbuatan dan sikap yang perlu dipupuk, yakni:
  1. Perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
  2. Sikap adil terhadap sesama. rnenjaaga keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menghormati hak-hak orang lain.
  3. Sikap suka memberi pertolongan kepada orang yang memerlukan.
  4. Sikap suka bekerja keras.
  5. Sikap menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat untuk mencapai kemajuan dan kesejahleraan bersama.

BERBAGAI MACAM KEADILAN

  1. Keadilan Legal atau Keadilan Moral, Plato berpendapat bahwa keadilan dan hukum merupakan substansi rohani umum dan masyarakat yang membuat dan menjaga kesatuannya. Dalam suatu masyarakat yang adil setiap orang menjalankan pekerjaan yang menurut sifat dasarnya paling cocok baginya (the man behind the gun).

    Pendapat Plato itu disebut keadilan moral, sedangkan, Sunoto menyebutnya keadilan legal. Keadilan timbul karna penyatuan dan penyesuaian untuk memberi tempat yang selaras kepada bagian-bagian yang membentuk suatu masyarakat. Keadilan terwujud dalam masyarakat bilamana setiap anggota masyarakat melakukan fungsinya secara baik.

  2. Keadilan Distributif, Aristoles berpendapat bahwa keadilan akan terlaksana bilamana hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama secara tidak sama (justice is done when equals are treated equally).

    Sebagai contoh, Ali bekerja 10 tahun dan Budi bekerja 5 tahun. Pada waktu diberikan hadiah harus dibedakan antara Ali dan Budi. yaitu perbedaan sesuai dengan lamanya bekerja. Andaikata Ali menerima Rp. 100.000.- maka Budi harus menerima. Rp 50.000. Akan tetapi bila besar hadiah Ali dan Budi sama justru hal tersebut tidak adil.

  3. Keadilan Komutatif, Keadilan ini bertujuan memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum. Bagi Aristoteles pengertian keadilan itu merupakan asas pertalian dan ketertiban dalam masyarakat Semua tindakan yang bercorak ujung ekstrim menjadikan ketidakadilan dan akan merusak atau bahkan menghancurkan pertalian dalam masyarakat.

KEJUJURAN

Kejujuran atau jujur artinya apa yang dikatakan seseorang sesuai dengan hati nuraninya apa yang dikatakannya sesuai dengan kenyataan yang ada. Sedang kenyataan yang ada itu adalah kenyataan yang benar-benar ada. 

Jujur juga berarti seseorang bersih hatinya dari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama dan hukum. Untuk itu dituntut satu kata dan perbuatan, yang berarti bahwa apa yang dikatakan haruis sama dengan perbuatannya. Karena itu jujur berarti juga menepati janji atau kesanggupan yang terlampir malalui kata-kata atau perbuatan.

Kejujuran bersangkut erat dengan masalah nurani. Menurut.Alamsyah dalam bukunya Budi Nurani. filsafat berfikir. yang disebut nurani adalah sebuah wadah yang ada dalam perasaan manusia. Wadah ini menyimpan suatu getaran kejujuran. ketulusan dalam meneropong kebenaran lokal maupun kebenaran Iliahi. (M.Alanisyah.1986:83). 

Nurani yang diperkembangkan dapat menjadi budi nurani yang merupakan wadah yang menyimpan keyakinan. Jadi getaran kejujuran ataupun ketulusan dapat ditingkatkan menjadi suatu keyakinan, dan atas diri keyakinannya maka seseorang diketahui kepribadiannya. 

Orang yang memiliki ketulusan tinggi akan memiliki keyakinan yang matang, sebabnya orang yang hatinya tidak bersih dan mau berpikir curang. memiliki keprihadian yang buruk dan rendah dan sering tidak yakin pada dirinya. Karena apa yang ada dalam nuraninya banyak dipengaruhi oleh pemikirannya yang kadang-kadang justru bertentangan.

KECURANGAN

Kecurangan atau curang identik dengan ketidakjujuran atau tidak jujur, dan sama pula dengan licik, meskipun tidak serupa benar. Sudah tentu kecurangan sebagai lawan jujur.

Curang atau kecurangan artinya apa yang diinginkan tidak sesuai dengan hati nuraninya. Atau, orang itu memang dari hatinya sudah berniat curang dengan maksud memperoleh keuntungan tanpa bertenaga dan usaha? Sudah tentu keuntungan itu diperoleh dengan tidak wajar. 

Yang dimaksud dengan keuntungan di sini adalah keuntungan, yang berupa materi. Mereka yang berbuat curang menganggap akan mendatangkan kesenangan atau keenakan, meskipun orang lain menderita karenanya.

Kecurangan menyebabkan manusia menjadi serakah. tamak, ingin menimbun kekayaan yang berlebihan dengan tujuan agar dianggap sebagai orang yang paling hebat, paling kaya dan senang bila masyarakat disekelilingnya hidup menderita. 

Orang seperti itu biasanya tidak senang bila ada yang melebihi kekayaannya. Padahal agama apapun tidak membenarkan orang mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya tanpa menghiraukan orang lain, lebih lagi mengumpulkan harta dengan jalan curang. Hal semacam itu dalam istilah agama tidak diridhoi Tuhan.

PERHITUNGAN DAN PEMBALASAN

Perhitungan dan Pembalasan bisa di gabung mejadi satu yang artinya dimana pada dasarnya suatu hak yang ada di dalam diri manusia mengenai suatu masalah yang terlibat dengan pihak yang bersangkutan, bahwa hal itu bisa di bilang dengan kata kasarnya yaitu dendam. Memang perhitungan dan pembalasan itu sangat merugikan bagi pihak yang bersangkutan, bakan bisa menjadi malapetaka.

Biasanya hal tersebut bisa di redam atau di damaikan dengan secara sebuah persyaratan bagi yang bersangkutan. Jadi sebaiknya, hindari sifat pembalasan, karena sifat itu sangat tidak menguntungkan dan mungkin bisa menjadi sebuah dosa yang sepele, dan sebaliknya seharunya kita harus meciptakan perdamaian. Karena suatu pedamain bisa menjaga suatu negara yang rukun dan berkembang.

PEMULIHAN NAMA BAlK

Nama baik merupakan tujuan utama orang hidup. Nama baik adalah nama yang tidak tercela. Setiap orang menjaga dengan hati-hati agar namanya tetap baik. Lebih-lebih jika Ia menjadi teladan bagi orang/tetangga disekitamya adalah suatu kebanggaan batin yang tak temilai harganya.

Ada peribahasa berbunyi “daripada berputih mata lebih baik berputih tulang” artinya orang lebih baik mati dari pada malu. Betapa besar nilai nama baik itu sehingga nyawa menjadi taruhannya. Setiap orang tua selalu berpesan kepada anak-anaknya “jagalah nama keluargamu!” Dengan menyebut “nama” berarti sudah mengandung arti “nama baik”. Ada pula pesan orang tua “jangan membuat malu” pesan itu juga berarti menjaga nama baik. 

Orang tua yang menghadapi anaknya yang sudah dewasa sering kali berpesan “laksanakan apa yang kamu anggap baik, dan jangan kau laksanakan apa yang kau anggap tidak baik!”. Dengan melaksanakan apa yang dianggap baik berarti pula menjaga nama baik dirinya sendiri, yang berarti menjaga nama baik keluarga.

Penjagaan nama baik erat hubungannya dengan tingkah laku atau perbuatan. Atau boleh dikatakan nama baik atau tidak baik itu adalah tingkah laku atau perbuatannya. Yang dimaksud dengan tingkah laku dan perbuatan itu, antara lain cara berbahasa, cara bergaul, sopan santun, disiplin pribadi, cara menghadapi orang, perbuatan-perbuatan yang dihalalkan agama dan lain sebagainya.



Sumber :
http://putrikumalasari.wordpress.com/2011/04/23/ilmu-budaya-dasar-manusia-dan-keadilan/
http://andricoli.blogspot.com/2012/01/tugas-ibd-2.html

Manusia dan Penderitaan

5 Comments


PENGERTIAN PENDERITAAN

Definisi Penderitaan

Penderitaan adalah menanggung atau menjalani sesuatu yang sangat tidak menyenangkan. Penderitaan itu ada tiga macam yaitu penderitaan yang dialami secara lahir (fisik), penderitaan yang dialami secara batin (mental/ psikologis), dan yang ketiga gabungan dari penderitaan lahir dan penderitaan batin (fisik dan psikologis). 

Tentu saja penderitaan tidak akan mucul jika tidak ada yang menyebabkannya untuk muncul. Disini saya akan lebih membahas tentang sebab-sebab munculnya sebuah penderitaan.

Sebab-sebab Munculnya Penderitaan

Jika diklasifikasikan berdasarkan sebab-sebab munculnya penderitaan manusia itu ada dua, yang pertama yaitu penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia, dan yang kedua penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan/azab Tuhan.

  1. Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia, Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Penderitaan ini kadang disebut dengan nasib buruk.

    Nasib buruk ini dapat diperbaiki manusia supaya menjadi baik. Dengan kata lain, manusialah yang dapat memperbaiki nasibnya. Allah SWT berfirman, Aku tidak akan pernah merubah nasib hambaku, melainkan hamba-Ku sendirilah yang merubahnya.

    Sudah jelas Tuhan tidak akan mengubah nasib hamba-Nya, karena atas usaha hamba-Nya sendirilah yang bisa mengubah nasibnya itu. Adapun perbedaan antara nasib buruk dan takdir, kalau takdir Tuhan yang menjadi penentunya sedangkan nasib buruk itu manusia lah penyebabnya.

    Karena perbuatan buruk antara sesama manusia menyebabkan menderitanya manusia yang lain, contohnya: Pembantu rumah tangga yang diperkosa, disekap, dan disiksa oleh majikannya, sudah pantas jika majikannya yang biadab itu diganjar dengan hukuman penjara oleh pengadilan negeri Surabaya supaya perbuatannya itu dapat diperbaiki sekaligus merasakan penderitaan yang telah ia berikan kepada orang lain. Sedangkan pembantu yang telah menderita itu dipulihkan.

    Perbuatan buruk orang tua Arie Hanggara yang menganiaya anak kandungnya sendiri sampai mengakibatkan kematian, sudah pantas jika dijatuhkan hukuman oleh pengadilan Negeri Jakarta Pusat supaya perbuatannya itu dapat diperbaiki dan sekaligus merasakan penderitaan anaknya.

    Perbuatan buruk para pejabat pada zaman orde lama dituliskan oleh seniman Rendra dalam puisinya “bersatulah pel*acur-pel*acur kota Jakarta”, perbuatan buruk yang merendahkan derajat kaum wanita tidak lebih dari pemuas nafsu. Karya Rendra ini dipandang sebagai salah satu usaha memperbaiki nasib buruk itu dengan mengkomunikasikannya kepada masyarakat termasuk pejabat dan pel*acur ibu kota itu.

    Perbuatan buruk manusia terhadap lingkungannya pun dapat menimbulkan bagi penderitaan bagi manusia yang lainnya. Tetapi kebanyakan manusia tidak menyadari karena perbuatannya lah yang menimbulkan penderitaan pada manusia yang lainnya.

    Kebanyakan manusia baru menyadari kesalahannya ketika bencana yang menimbulkan penderitaan bagi manusia yang lainnya itu sudah terjadi. Contohnya: Musibah banjir dan tanah longsor di Lampung Selatan bermula dari penghunian liar di hutan lindung, kemudian dibabat menjadi lahan tandus dan gundul oleh manusia-manusia penghuni liar itu.

    Akibatnya beberapa jiwa jadi korban banjir, ratusan rumah hancur, belum terhitung lagi jumlah ternak dan harta benda yang hilang/musnah. Segenap lapisan masyarakat, pemerintah dan ABRI bekerja sama untuk membebaskan para korban dari penderitaan yang mereka derita itu.

    Perbuatan lalai, mungkin kurang kontrol terhadap tangki-tangki penyimpanan gas-gas beracun dari perusahaan “Union Carbide” di India. Gas-gas beracun dari tangki penyimpanan bocor memenuhi dan mengotori daerah sekitarnya, mengakibatkan ribuan penduduk penghuni daerah itu mati lemas, dan cacat fisik.

    Inilah penderitaan manusia karena perbuatan lalai dari pekerjaan atau pimpinan perusahaan itu. Ia bertanggung jawab untuk memulihkan penderitaan manusia disitu.

  2. Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan/azab Tuhan, Penderitaan manusia dapat juga terjadi akibat penyakit atau siksaan/azab Tuhan. Namun kesabaran, tawakal, dan optimism dapat merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan itu.

    Banyak contoh kasus penderitaan semacam ini dialami manusia. Beberapa kasus penderitaan dapat diungkapkan berikut ini: Seorang anak lelaki buta sejak diahirkan, diasuh dengan tabah oleh orang tuanya. Ia disekolahkan, kecerdasannya luar biasa. Walaupun ia tidak dapat melihat dengan mata hatinya terang benderang.

    Karena kecerdasannya, ia memperoleh pendidikan sampai di universitas, dan akhirnya memperoleh gelar doktor di Universitas Sourbone Perancis. Dia adalah Prof. Dr. Thaha Husen, guru besar Universitas di Kairo, Mesir.

    Nabi Ayub mengalami siksaan Tuhan, tetapi dengan sabar ia menerima cobaan ini. Bertahun-tahun ia menderita penyakit kulit, sehingga istrinya bosan merawatnya, dan ia dikucilkan. Berkat kesabarannya dan kepasrahannya kepada Tuhan, maka seiring berjalannya waktu Nabi Ayub pun sebuh dan tampak lebih muda, sehingga istrinya tidak mengenalinnya lagi.

    Disini kita dihadapkan kepada masalah sikap hidup kesetiaan, kesabaran, tawakal, percaya, pasrah, tetapi juga sikap hidup yang lemah, seperti kesetiaan dan kesabaran sang istri yang luntur, karena penyakit Nabi Ayub yang cukup lama.

    Tenggelamnya Fir’aun di laut merah seperti disebutkan dalam A-Qur’an adalah azab yang dijatuhkan Tuhan kepada orang yang angkuh dan sombong. Fir’aun adalah raja mesir yang mengaku dirinya Tuhan.

    Ketika Fir’aun bersama bala tentaranya mengejar nabi Musa dan para pengikutya menyeberangi laut merah, laut itu terbelah dan Nabi Musa serta para pengikutnya berhasil melewatinya. Ketika Fir’aun dan tentaranya berada tepat ditengah belahan laut merah itu, seketika juga laut merah itu tertutup lagi dan mereka semua tenggelam.

SIKSAAN

Arti siksaan, siksaan berupa jasmani & rohani bersifat psikis, kebimbangan, kesepian, ketakutan. Berbicara tentang siksaan, maka terbayang pada ingatan kita tentang neraka dan dosa dan akhirnya firman Tuhan dalam kitab suci Al-Quran. Seperti kita maklumi di dalam kitab suci Al-Quran terdapat banyak sekali surat dan ayat yang membicarakannya tentang siksaan ini.

Dalam Al-Quran, surat-surat lain banyak berisi jenis ancaman dan siksaan bagi orang-orang musyrik, syirik, makan riba, dengki, memfitnah, mencuri, makan harta anak yatim, dan sebagainya. Namun siksaan yang dialami manusia setelah didunia fana ini tidak akan dibicarakan oleh penulis dalam modul ini, karena itu tugas para ahli agama.

Berbicara tentang siksaan terbayang dibenak kita sesuatu yang sangat mengerikan bahkan mungkin mendirikan bulu kuduk kita, siksaan itu berupa penyakit, siksaan hati, siksaan badan oleh orang lain dan sebagainya.

Siksaan manusia ini ternyata juga menimbulkan kreativitas bagi yang pernah mengalami siksaan atau orang lain yang berjiwa seni yang menyaksikan baik langsung ataupun tidak langsung. Siksaan yang dialami oleh manusia memang merupakan beban berat, sehingga dunia ini benar-benar merupakan neraka dalam hidupnya.

Bagi mereka yang mulai merasakan tidak mampu lebih lama menderita, biasanya terlontar kata-katanya lebih baik mati daripada hidup, dengan pengertian bahwa dengan kematiannya maka berakhirlah penderitaan yang dialaminya. Itulah sebabnya mereka yang terlalu menderita dan merasa putus asa, lalu mengambil jalan "pintas" dengan bunuh diri.

KEKALUTAN MENTAL

Kekalutan mental yaitu penderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental. Secara lebih sederhana kekalutan mental dapat dirumuskan sebagai gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yang bersangkutan sehingga yang bersangkutan bertingkah secara kurang wajar.

Menurut Dra. Kartini Kartono dalam bukunya, dirumuskan bahwa yang disebut kekalutan mental adalah sebagai berikut:
  • Bentuk gangguan dan kekacauan fungsi mental, atau kesehatan mental yang disebabkan oleh gangguan kegagalan bereaksinya mekanisme adaptasi dari fungsi-fungsi kejiwaan terhadap stimuli ekstern dan ketegangan-ketegangan, sehingga muncul gangguan fungsi atau gangguan struktur dari suatu bagian, satu organ, atau sistem kejiwaan/mental.
  • Merupakan totalitas kesatuan ekspresi proses kejiwaan/mental yang patologis terhadap stimuli sosial, dikombinasikan dengan faktor-faktor kausatif sekunder lainnya (Patologi = Ilmu penyakit).
Secara sederhana, kekalutan mental dapat dirumuskan sebagai gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persolan yang harus diatasi, sehingga yang bersangkutan bertingahlaku secara kurang wajar. Misalnya, seseorang yang tidak mampu menjawab sebuah pertanyaan ujian, menggigit-gigit pensil.

Gejala-gejala yang memungkinkan seseorang mengalami kekalutan mental seperti:
  • Jasmaninya sering merasakan pusing-pusing, sesak napas, demam dan nyeri pada lambung.
  • Jiwanya sering menunjukkan rasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis, cemburu, dan mudah marah.

PENDERITAAN DAN PERJUANGAN

Penderitaan memang selalu hadir dalam kehidupan kita, tidak berarti hidup adalah menderita/hidup adalah untuk penderitaan. namun "Hidup adalah Berjuang karena Hidup adalah Perjuangan". Jadi mau tidak mau kita selalu dituntut untuk terus berjuang dlam hal apapun, dan percayalah bahwa tidak ada sesuatu yang sia-sia.

Setelah perjuangan terlaksana dan pasrah kepada Tuhan, maka dari itulah gunanya bersosialisasi. Dengan bersosialisasi kita dapat saling membantu dalam susah maupun senang dengan sesama manusia dalam menyelesaikan masalah dan menyelesaikan penderitaan. Namun jangan lupa disertai doa pula. Manusia hanya merencanakan selebihnya adalah kehendak Tuhan.

Waspada akan penderitaan boleh dalam berbagai hal namun tetap kita tidak dapat menghindar dari penderitaan, satu-satunya jalan keluar adalah dengan melewatinya. Hal ini nampak bila ditinjau jenjang karir sejarah orang-orang besar disekitar kita yang benar-benar berhasil oleh karena usahanya sendiri dan bantuan Tuhan.

Penderitaan kerap kali disebar luaskan dan diumumkan di berbagai media layaknya Surat Kabar, TV, radio, internet dengan maksud mengetuk hati kita selaku pembaca dan pendengar media untuk menggerakkan rasa empati & rasa kemanusiaan agar dapat turut berbelasungkawa atas penderitaan yang terjadi dan selaku manusia sosial yang saling tolong-menolong menggerakkan hati kita untuk membantu mereka yang menderita karena bencana, dan penderitaan lainnya.

Penyebab penderitaan banyak disebabkan oleh berbagai hal seperti berikut: Hubungan tidak baik antara manusia dengan manusia yang mengakibatkan penderitaan didasari rasa dengki, iri, sakit hati, kejam serta alasan lain yang mendasari perbuatan buruk manusia lain terhadap sesama yang dapat memicu penderitaan entah itu dari korban yang mengalami maupun pelaku yang mengalami derita. 

Hubungan tidak baik antara manusia dengan alam yang mengakibatkan bencana, kurangnya kesadaran manusia untuk merawat alam dan bahkan manusia yang sengaja merusak alam dengan ketamakan hanya karena masalah uang sehingga terjadi berbagai becana seperti Longsor.

Penderitaan karena cobaan, disini kita dituntut akan kesetiaan kita melalui suatu cobaan dan percayalah bahwa Tuhan tidak akan meberikan suatu cobaan diluar kemampuan umat-Nya.

Berbagai pengaruh dari penderitaan dapat dikategorikan bersifat positif dan negatif tergantung dari bagaimana manusia menghadapi kenyataan ini, apabila menyikapi secara positif dengan mudah ia bisa menepis pegaruh penderitaan itu dengan contoh motto yang telah saya berikan bahwa "Hidup adalah Berjuang karena Hidup adalah Perjuangan"

Jadi dia bisa kuat menghadapi penderitaan dan selalu berusaha kuat untuk menghadapi penderitaan. Lawannya adalah sikap negatif dalam menghadapi penderitaan, ini efek terparahnya yakni penyesalan, minder berlebihan, tidak bahagia, selalu putus asa manusia mudah menyerah dalam hidup dan tidak sedikit yang lebih memilih mati meskipun mati bukanlah cara untuk menyelesaikan penderitaan.

PENDERITAAN, MEDIA MASSA DAN SENIMAN

Dalam zaman serba modern sekarang ini kemungkinan terjadi penderitaan itu lebih besar. Hal ini telah dibuktikan oleh kemajuan teknologi dan sebagainya mensejahterakan manusia dan senjata, peluru kendali, pabrik bahan kimia merupakan sumber peluang terjadinya penderitaan manusia. 

Hal ini sudah terjadi seperti bom atom di Hirosima dan Nagasaki, kebocoran reaktor nuklir di Uni Soviet, kebocoran gas beracun di India, penggunaan peluru kendali dalam perang Irak dan yang baru terjadi di Jepang tepatnya di Fukushima terjadi ledakan reaktor nuklir yang menyebabkan radiasi nuklir yang membahayakan kesehatan manusia, akibatnya masyarakat sekitar yang tinggal di daerah tersebut harus di ungsikan ke tempat yang jauh dari daerah terkena radiasi.

Beberapa sebab lain yang menimbulkan penderitaan manusia ialah, kecelakaan, bencana alam, bencana perang dal lain-lain. Contoh, tenggelamnya kapal Tampomas Dua di perairan Malasembo, jatuhnya pesawat Hercules yang mengangkut para perwira muda di Condet, meletusnya gunung Galunggung dan perang Irak dan Iran.

Berita mengenai penderitaan silih berganti mengisi lembaran koran, berita di televisi, radio, dengan maksud supaya orang yang yang menyaksikan ikut merasakan dari jauh penderitaan manusia. Nyatanya tidak sedikit bantuan yang datang dari dermawan dan sukarelawan berupa material dan tenaga untuk meringankan dan menyelamatkan mereka dari musibah ini. 

Media masa adalah salah satu alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa penderitaan manusia secara cepat kepada masyarakat. Dengan demikian masyarakat dapat segera menilai untuk menentukan sikap antara sesama manusia terutama bagi yang merasa simpati. 

Tetapi tidak kalah pentingnya komunikasi yang dilakukan para seniman melalui karya seni, sehingga para pembaca, penontonnya dapat menghayati penderitaan sekaligus keindahan karya seni. Contoh, bagaimana penderitaan seorang istri yang bernama Manohara akibat kekerasan rumah tangga yang di filmkan dengan judul “Manohara”, juga ada berita seperti bagaimana penderitaan anak bernama Arie Hangara yang mati akibat siksaan orang tuanya sendiri yang di filmkan dengan judul “Arie Hangara”

PENDERITAAN DAN SEBAB-SEBABNYA

Apabila kita kelompokkan secara sederhana berdasarkan sebab-sebab timbulnya penderitaan, maka penderitaan dapat diperinci sebagai berikut:
  • Penderitaan yang timbul karena perbuatan manusia. Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dengan alam sekitarnya. Penderitaan ini kadang disebut nasib buruk. Nasib buruk ini dapat memperbaiki nasibnya.

    Perbedaan nasib buruk dan takdir, kalau takdir Tuhan yang menentukan sedangkan nasib buruk itu manusia penyebabnya. Karena perbuatan buruk antara sesama manusia maka manusia lain menderita misalnya:
  1. Pembantu rumah tangga yang diperkosa, disekap, disiksa oleh majikannya, sudah pantas jika majikan yang biadab itu diganjar dengan hukuman penjara oleh Pengadilan Negeri Surabaya supaya perbuatan itu dapat diperbaiki dan sekaligus merasakan penderitaan, sedangkan pembantu yang telah menderita itu dipulihkan.
  2. Perbuatan buruk orang tua Arie Hanggara yang menganiaya anak kandungnya sendiri sampai mengakibatkan kematian, sudah pantas jika dijatuhi hukuman oleh pengadilan Negeri Jakarta Pusat supaya perbuatannya itu dapat diperbaiki dan sekaligus merasakan penderitaan.
  3. Perbuatan buruk pejabat pada zaman Orde Lama dilukiskan oleh seniman Rendra dalam puisinya "Bersatulah Pel*acur-pel*acur Kota Jakarta" perbuatan buruk yang merendahkan derajat kaum wanita, yang memandang wanita tidak lebih dari pemuas nafsu. Karya Rendra ini dipandang sebagai salah satu usaha memperbaiki nasib buruk itu dengan mengkombinasikannya kepada masyarakat termasuk pejabat dan pel*acur ibu kota itu. Perbuatan buruk manusia terhadap lingkungannya juga menyebabkan penderitaan manusia, Tetapi manusia tidak menyadari hal ini.
  • Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan/azab Tuhan. Penderitaan manusia dapat juga terjadi akibat atau siksaan/azab Tuhan. Namun kesabaran, tawakal, dan optimisme dapat merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan itu. Banyak contoh kasus penderitaan semacam ini dialami manusia.

    Beberapa kasus penderita dapat diungkapkan berikut ini: Seorang anak lelaki buta sejak dilahirkan, diasuh dengan tabah oleh orang tuanya. Ia disekolahkan, karena kecerdasannya, ia memperoleh pendidikan sampai di Universitas dan akhirnya memperoleh gelar Doktor di Universitas Dsabone Perancis. Dia adalah Prof. DR Thaha Husen, guru besar Universitas di Kairo, Mesir.

    Nabi Ayub mengalami siksaan Tuhan, tetapi dengan sabar ia menerima cobaan ini. Bertahun-tahun ia menderita penyakit kulit, sehingga istrinya bosan memeliharanya, dan ia dikucilkan. Berkat kesabaran dan pasrah kepada Tuhan, sembuhlah ia dan tampak lebih muda, sehingga istrinya tidak mengenalinya lagi. Disini kita dihadapkan kepada masalah sikap hidup kesetiaan, kesabaran, tawakal, percaya, pasrah, tetapi juga sikaphidup yang lemah seperti kesetiaan dan kesabaran sang istri yang luntur karena penyakit Nabi Ayub yang cukup lama.

PENGARUH PENDERITAAN

Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul dapat berupa sikap positif ataupun sikap negatif. Sikap negatif misalnya penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, ingin bunuh diri. Sikap ini diungkapkan dalam peribahasa “sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna”, “nasi sudah menjadi bubur”.

Sikap positif yaitu sikap optimis mengatasi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan, melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan, dan penderitaan itu adalah hanya bagian dari kehidupan. 

Sikap positif biasanya kreatif, tidak mudah menyerah, bahkan mungkin timbul sikap keras atau sikap anti, misalnya anti kawin paksa, ia berjuang menentang kawin paksa; anti ibu tiri, ia berjuang melawan sikap ibu tiri; anti kekerasan, ia berjuangan menentang kekerasan, dan lain-lain.

Apabila sikap negatif dan sikap positif ini dikomunikasikan oleh para seniman kepada para pembaca, penonton, maka para pembaca, para penonton akan memberikan penilaiannya. Penilaian itu dapat berupa kemauan untuk mengadakan perubahan nilai-nilai kehidupan dalam masyarakat dengan tujuan perbaikan keadaan-keadaan yang sudah tidak sesuai ditinggalkan dan diganti dengan keadaan yang lebih sesuai. Keadaan yang berupa hambatan harus disingkirkan.



Sumber :
http://arieswahyu89.blogspot.com/2012/01/tugas-ibd-2-manusia-dan-penderitaan.html
http://gyka04.blogspot.com/2011/05/tugas-ilmu-budaya-dasar-kekalutan.html

Manusia dan Keindahan

Add Comment


KEINDAHAN

Keindahan, sering diutarakan kepada situasi tertentu, arti kata keindahan yaitu berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keindahan identik dengan kebenaran. 

Keindahan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah. Keindahan juga bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu dan tempat, kedaerahan, selera mode, kedaerahan atau lokal.

Apakah keindahan Itu?

Sebenarnya sulit bagi kita untuk menyatakan apakah keindahan itu. Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu karya.

Menurut cakupannya orang harus membedakan keindahan sebagai suatu kualita abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk pembedaan itu dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah “beauty” (keindahan) dan “the beautiful” (benda atau hal indah). 

Dalam pembatasan filsafat, kedua pengertian ini kadang-kadang dicampur-adukkan saja. Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian; yakni
  • Keindahan dalam arti luas
  • Keindahan dalam arti estetis murni
  • Keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan
Keindahan alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. 

Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adap kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran. Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi: keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.

Dalam rangka teori umum tentang nilai The Liang Gie menjelaskan bahwa pengertian keindahan dianggap sebagai salah satu jenis nilai sepertihalnya nilai moral, nilai ekonomik, nilai pendidikan dan sebagainya. 

Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estetik. Nilai adalah suatu relaitas psikologis yang harus dibedakan secara tegas dari kegunaan, karena terdapat dalam jiwa manusia dan bukan pada bendanya itu sendiri. Nilai itu oleh orang dipercaya terdapat pada sesuatu benda sampai terbukti ketakbenarannya.

RENUNGAN

Renungan berasal dari kata renung; artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori antara lain:
  • Teori pengungkapan,
  • Teori metafisik, dan
  • Teori psikologis.

Teori Pengungkapan

Dalil teori ini ialah bahwa “arts is an expresition of human feeling” (seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia). Teori ini terutama bertalian dengan apa yang dialami oleh seorang seniman ketika menciptakan karya seni. Tokoh teori ekspresi yang paling terkenal ialah filsuf Italia Benedeto Croce (1886-1952).

Beliau antara lain menyatakan bahwa “Seni adalah pengungkapan pesan-pesan (expression) adalah sama dengan intuition, dan intuisi adalah pengetahuan intuitif yang diperoleh melalui penghayatan tentang hal-hal individual yang menghasilkan gambaran angan-angan (images).”

Seorang tokoh lainnya adalah Leo Tolstoi dia menegaskan bahwa kegiatan seni adalah memunculkan dalam diri sendiri suatu perasaan yang seseorang telah mengalaminya dan setelah memunculkan itu kemudian dengan perantaraan berbagai gerak, garis, warna, suara dan bentuk yang diungkapkan dalam kata-kata memindahkan perasaan itu sehingga orang-orang mengalami perasaan yang sama.

Teori Metafisik

Teori seni yang bercotak metafisik merupakan salah satu contoh teori yang tertua, yakni berasal dari Plato yang karya-karyanya untuk sebagian membahas estetik filsafat, konsepsi keindahan dari teori seni. Mengenai sumber seni Plato mengungkapkan suatu teori peniruan (imitation teory). 

Ini sesuai dengan metafisika Plato yang mendalikan adanya dunia ide pada taraf yang tertinggi sebagai realita ilahi. Pada taraf yang lebih rendah terdapat realita duniawi ini yang merupakan cerminan semu dan mirip realita ilahi. Dan karya seni yang dibuat manusia adalah merupakan mimemis (tiruan) dari realita duniawi.

Teori Psikologis

Para ahli estetik dalam abad modern menelaah teori-teori seni dari sudut hubungan karya seni dan alam pikiran penciptanya dengan mempergunakan metode-metode psikologis. Misalnya berdasarkan psikoanalisa dikemukakan bahwa proses penciptaan seni adalah pemenuhan keinginan-keinginan bawah sadar dari seseorang seniman. 

Sedang karya seni tiu merupakan bentuk terselubung atau diperhalus yang wujudkan keluar dari keinginan-keinginan itu. Teori lain lagi yaitu teori permainan yang dikembangkan oleh Fredrick Schiller (1757-1805) dan Herbert Spencer (1820-1903).

Menurut Schiller, asal seni adalah dorongan batin untuk bermain-main (play impulse) yang ada dalam diri seseorang. Seni merupakan semacam permainan menyeimbangkan segenap kemampuan mental manusia berhubungan dengan adanya kelebihan energi yang harus dikeluarkan. Dalam teori penandaan (signification theory) memandang seni sebagai lambing atau tanda dari perasaan manusia.

KESERASIAN

Apa pengertian keserasian ?

Keserasian merupakan keharmonisan, kesepadanan, keselarasan, kita perlu mengukuhkan semangat untuk menciptakannya, jadi keserasian kecocokan, kena benar, dan sesuai benar. Kata cocok, kena dan sesuai itu mengandung unsur perpaduan, pertentangan, ukuran dan seimbang. 

Keindahan adalah suatu kumpulan hubungan yang serasi pada suatu benda dan diantara benda itu dengan si pengamat. Pengertian keserasian adalah cocok dalam segala hal.

Menurut The Liang Gie ada 2 Teori dalam menciptakan seni antara lain:
  • Teori Objektif (Plato, Hegel, Bernard Bocanguat)
  • Teori Subyektif (Henry Home, Earlof Shaffesbury, Edmund Burke)
Salah satu persoalan pokok dari teori keindahan adalah mengenai sifat dasar dari keindahan. Apakah keindahan merupakan sesuatu yang ada pada benda indah atau hanya terdapat dalam pikiran orang yang mengamati benda tersebut. Dari persoalan-persoalan tersebut lahirlah dua kelompok teori yang terkenal sebagai teori objektif dan subjektif.

Teori Objektif berpendapat bahwa keindahan atau ciri-ciri yang mencipta nilai estetika adalah sifat (kulitas) yang memang melekat dalam bentuk indah yang bersangkutan, terlepas dari orang yang mengamatinya. 

Yang menjadi masalah ialah ciri-ciri khusus manakah yang membuat sesuatu benda menjadi indah atau dianggap bernilai estetik, salah satu jawaban yang telah diberikan selama berabad-abad ialah perimbangan antara bagian-bagian dalam benda indah itu. 

Pendapat lain menyatakan bahwa nilai estetik itu tercipta dengan terpenuhnya asas-asas tertentu mengenai bentuk pada sesuatu benda. Pendukung teori objektif adalah Plato dan Hegel.

Teori Subjektif menyatakan bahwa ciri-ciri yang menciptakan keindahan suatu benda itu tidak ada, yang ada hanya perasaan dalam diri sesorang yang mengamati suatu benda. Adanya keindahan semata-mata tergantung pada penerapan dan si pengamat itu. 

Kalaupun dinyatakan bahwa sesuatu benda mempunyai nilai estetik, maka hal itu diartikan bahwa seseorang pengamat memperoleh sesuatu pengalaman estetik sebagai tanggapan terhadap benda indah itu. Pendukung nya adalah Henry Home, Earlof Shaffesburry dan Edmund Burke.



Sumber :
http://arieswahyu89.blogspot.com/2012/01/tugas-ibd-2-manusia-dan-penderitaan.html