Pasang RDB Yamaha Byson


Awalnya hasrat pengen banget punya motor laki. Setiap pulang kerja mata ngajak ngelirik melulu, bukan ngelirik cewek (walaupun sesekali... :p) tapi ngelirik dealer motor. Iseng-iseng datengin dealer Yamaha, lihat yang ready, adanya Vixion, Byson dan Scorpio. 

Maaf seribu maaf, sang kalajengking gue langsung coret dari list karena bentuknya terkesan aneh (meskipun CC-nya gede), rangkanya mirip banget sama Scorpio lawas, kayaknya cuma ganti baju (body) doang. 

Trus bergeser ke Vixion, hmm kayaknya ok juga, mesin sudah injeksi, tapi kok cungkring ya (kayak gue, hehehe). Dan terakhir mata tertuju ke Byson, dan WOW...!! (tapi gak pake koprol) ini motor kekar banget, kesan berototnya ngena banget. bener-bener KEBO!!

Dari depan, headlampnya keren abis, batang shockbreaker depan juga paling gede sekelasnya 41mm (bakalan rada susah nih nyari setang jepitnya, hehehe...), tanki berotot banget (meskipun kondoman) tapi aura binaraganya muncul :p, lanjut ke shockbreaker belakang monoshock (ini sebenernya wajib buat motor laki, i think...), ban depan belakang ukuran 100 dan 120 (siiip, udah didukung ban gambot dari pabrikan, ngirit modif). Tapi ada yang kurang, kenapa gak pake RDB kaya dealer tetangga sebelah?

Akhirnya jatoh pada pilihan terakhir yaitu "KEBO" Byson... Horeeeee. Karena motor sebelumnya warna biru, jadi gue pengen banget Byson biru, tapi kata dealernya yang warna biru di Jabodetabek gak stock, sementara adanya di Bandung, Jateng, Jatim dan Bali (strategi pemasaran yang aneh, padahal disini kan juga banyak yang pengen biru....). Alhasil gue pilih yang warna hitam (Black Solid).

H plus 1 motor sampe dirumah, sempet beberapa hari diem dirumah karena belum ada plat nomor. Tapi belum ada seminggu timbul lagi hasrat buat pasang RDB (Rear Disk Break), googling di internet untuk cari tau jenis RDB apa yang cocok buat dipasang ke Byson, akhirnya jatuh pada RDB punya Tiger Revo karena sepertinya pemasangannya cukup rapi, dudukan kaliper dibuat langsung menempel pada swing arm (tanpa pakai pelat panjang seperti pada RDB kebanyakan), jadi mirip bawaannya pabrik.

Langsung deh ke bengkel langganan, kebetulan disitu ada ready stock paketan RDB Tiger Revo senilai Rp.600.000 plus pasang. Hmm, cukup murah karena itu kualitas KW1 Thailand (kalo aslinya mahal banget bro) dengan kaliper Nissin KW1 pula. Iseng-iseng sambil nunggu pemasangan, gue foto pakai kamera HP gue WT19i untuk gue share, silahkan disimak... :)



Ban dibuka, lalu diukur letak lubang buat pasang adaptor disk.

Pertama yang pasti ban dibuka dulu, terus diukur buat bikin lubang adaptor disk break. Setelah itu dibor sepresisi mungkin supaya centre (karena menyangkut nyawa bro).



Pelek dibor sesuai ukuran lubang adaptor disk.

Setelah adaptor dan disk brake dipasang, sekarang bikin dudukan pegangan kaliper di swing arm. Cukup dilas sedikit (tapi kuat) baut di bagian dalam swing arm yang fungsinya untuk pengganjal pegangan kaliper. Lanjut ke footstep, mesti dilas sedikit buat pegangan master rem. Kemudian master rem diposisikan di cover footstep dengan cukup mengebor lubang 1 buah untuk dudukannya.



Siip, rapi kan? :) Mirip bawaan pabrikan.

BERES! Rapi jali kan? Mirip bawaan pabrik. Apalagi kalo kaliper belakang warnanya kuning keemasan persis kaliper original di disk break depan.



My Byson Black Solid.

Padahal motor ini umurnya sampai tulisan dibuat belum ada 2 bulan, tapi apa daya naluri bikers berperan... :p Sang KEBO saat ini sudah dimodif dari Setang Jepit, Spatbor Depan Ninja 250, Air Scoop model Hiu punya Vixion, dan RDB. Sekian postingan kali ini, cuma satu moto gue: "RIDE WITH STYLE".

Thanx. :)

Share this :

Previous
Next Post »
13 Komentar
avatar

bagaimn dgn dudukan di blk bro?

Balas
avatar

Maksudnya dudukan kaliper belakangkah?
Udah hampir setengah tahun ini aman-aman aja bro, coz dilas baut kuat di swing arm sebelah kanan bagian dalem... dan tetep pakem gak ada masalah...

Balas
avatar

di daerah Pejuang Jaya, Bekasi gan...

Balas
avatar

Kalau ban dilepas kaliper juga ikut lepas ga gan??

Balas
avatar

iya dong gan, kalo as roda dicopot otomatis pegangan kaliper ikut lepas... :)

Balas
avatar

Bro,rdb masi sehat???
Klo boleh tau pejuangnya mana??
Nama bengkel & alamatnya blh tau???
Makasi broo,,

Balas
avatar

gan, total pemasangan RDB berapa menit ? adakah samapi 2 jam-an ?thnx

Balas
avatar

Seret gak klo ban belakang diputer manual pake tangan??

Balas
avatar

kalo bengkelnya ada alat-alat lengkap cuma sejam koq gan...

Balas
avatar

gak gan, kan bossnya udah presisi... kalo seret berarti musti tambahin/ngurangin bossnya...

Balas
avatar

bagi contact hp nya boleh bang mau nanya2 tentang cakram belakang?

Balas
avatar

Adaptor nya pake yg kaya mana gan...?

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔