Tugas Mata Kuliah Interaksi Manusia & Komputer (SPSS)



ANGKET/KUESIONER

Berikut ini adalah Angket/Kuesioner yang diberikan kepada Responden.

Petunjuk Pengisian:
Berilah tanda silang (x) atau lingkaran pada huruf yang sesuai dengan jawaban Anda.

I. Identitas Responden

1. Jenis Kelamin:

a. Pria
b. Wanita
 
2. Usia:

a. 19-26 tahun
b. 27-34 tahun
c. 35-42 tahun
d. 43-50 tahun
e. 51 tahun keatas
 
3. Pendidikan Terakhir:

a. SLTP
b. SLTA
c. D3
d. S1
e. S2

4. Masa Kerja:

a. 0-5 tahun
b. 6-14 tahun
c. 11-15 tahun
d. 16-20 tahun
e. 21 tahun keatas

II. Variabel Penelitian

A. Variabel Terikat (X) Pengaruh Microsoft Office

1. Apakah Bapak/Ibu sering melakukan pengolahan data/informasi dengan komputer?

a. Sering sekali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

2. Apakah penggunaan Microsoft Office dapat meningkatkan mutu kerja karena data informasi dapat di akses dengan cepat?

a. Sering sekali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

3. Apakah Bapak/Ibu menggunakan program tertentu di komputer dalam mengolah data untuk menyelesaikan pekerjaan Anda?

a. Sering sekali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

4. Menurut Bapak/Ibu Microsoft Office dapat fleksibilitas dalam mengolah data dan informasi sehingga memudahkan proses perbaikan apabila terjadi kesalahan?

a. Ya, setuju sekali
b. Setuju
c. Kurang setuju
d. Tidak setuju
e. Sangat tidak setuju

5. Apakah Bapak/Ibu menggunakan Microsoft Office karena mampu mengolah data dengan kecepatan yang sangat tinggi untuk memperoleh data tepat waktu?

a. Sering sekali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

6. Apakah informasi yang diperoleh dari Microsoft Office manajemen sering digunakan dalam proses pengambilan keputusan?

a. Sering sekali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

7. Apakah Bapak/Ibu sering memanfaatkan komputer secara optimal dalam hal memperoleh informasi untuk menyelesaikan pekerjaan?

a. Sering sekali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

8. Menurut Bapak/Ibu penggunaan Microsoft Office dapat melakukan pengolahan data yang cepat dibandingkan dengan cara manual/biasa?

a. Lebih cepat
b. Cepat
c. Biasa saja
d. Lambat
e. Lebih lambat

9. Apakah Bapak/Ibu menggunakan password dalam menyimpan dan membuka data dan informasi?

a. Sering sekali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

10. Apakah Bapak/Ibu menemui kendala dalam menggunakan Microsoft Office?

a. Sering sekali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

B. Variabel bebas (Y) Kinerja Pegawai

1. Apakah dalam bekerja Bapak/Ibu selalu memanfaatkan tenaga dan keterampilan kerja?

a. Sering kali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

2. Apakah Bapak/Ibu sudah secara maksimal menggunakan seluruh waktu bekerja melakukan tugas-tugas yang harus dilakukan?

a. Sering sekali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

3. Apakah dengan adanya Microsoft Office dapat mendorong pegawai untuk lebih kreatif dan inovatif?

a. Sering sekali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

4. Apakah Bapak/Ibu selalu menyelesaikan tugas yang diberikan secara tepat waktu?

a. Sering sekali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

5. Apakah Bapak/Ibu telah puas dengan hasil pekerjaan yang sudah dicapai?

a. Sering kali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

6. Dengan adanya Microsoft Office dapat memotivasi anda bekerja lebih baik?


a. Lebih baik
b. Baik
c. Biasa saja
d. Buruk
e. Lebih buruk

7. Apakah dengan adanya Microsoft Office dapat menghemat pemakaian waktu, dana, dan pikiran dalam bekerja?

a. Ya, setuju sekali
b. Setuju
c. Biasa Saja
d. Kurang Setuju
e. Tidak Setuju

8. Apakah pekerjaan yang Anda selesaikan sesuai dengan standar pelayanan yang ada?

a. Sering sekali
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

9. Menurut Anda dengan penggunaan Microsoft Office, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekeraan yang menggunakan komputer akan lebih tepat dan cepat?

a. Ya, setuju sekali
b. Setuju
c. Kurang setuju
d. Tidak setuju
e. Sangat tidak setuju

10. Apakah dalam penggunaan Microsoft Office dapat dioperasikan oleh semua pegawai?

a. Ya, Setuju sekali
b. Setuju
c. Kurang setuju
d. Tidak setuju
e. Sangat tidak setuju


TABEL DATA IDENTITAS RESPONDEN

No. Responden
1
2
3
4
1
A
A
C
A
2
A
C
D
A
3
B
C
D
C
4
A
C
C
C
5
A
C
B
C
6
A
E
D
E
7
A
D
D
D


Dengan ketentuan nilai pada pilihan ganda Variabel Penelitian:

A
B
C
D
E
5
4
3
2
1



Maka akan dihasilkan Tabel Data Mentah Micosoft Office Dan Kinerja Pegawai sebagai berikut:

No. Responden
X
Y
1
38
43
2
42
41
3
36
48
4
39
41
5
34
42
6
44
40
7
47
45


TABEL DATA MENTAH MICOSOFT OFFICE DAN KINERJA PEGAWAI

No. Responden
X
Y
1
38
43
2
42
41
3
36
48
4
39
41
5
34
42
6
44
40
7
47
45


INPUT DATA KE PROGRAM SPSS

Input data dari TABEL DATA MENTAH MICOSOFT OFFICE DAN KINERJA PEGAWAI:

Pengaruh Microsoft Office (X) = 38, 42, 36, 39, 34, 44, 47
Kinerja Pegawai (Y) = 43, 41, 48, 41, 42, 40, 45

  • Sekarang kita mulai menginput data sesuai contoh di atas.

    Klik Start -> All program -> SPSS for windows

    Menu yang akan muncul berupa sheet (excel) yaitu Data view (tempat memasukkan data), variabel view (tempat mendefinisikan variabel).





  • Klik variabel view (ketik)

    * Kolom “name” = x (nama variabel tidak boleh ditandai dengan spasi)
    * Kolom “type” = numeric
    * Kolom “width” = 8 (banyaknya karakter)
    * Kolom “Decimal” = 0 (banyaknya angka di belakang koma)
    * Kolom “Label” = Pengaruh Ms. Office (label variabel)
    * Kolom “value” = none (diisi jika data kualitatif: misalkan L = 1, P = 0)
    * Kolom “Missing” = none (selisih antara variabel)
    * Kolom “Columns” = 8 (lebar kolom disesuaikan)
    * Kolom “Align” = Right (rata tulisan)
    * Kolom “Measure” = Scala (jenis data)



  • Lanjutkan dengan mendefinisikan variabel “Y”

    Klik Data view (ketik) Ketik semua data variabel Pengaruh Ms. Office di kolom X, Ketik semua data variabel Kinerja Pegawai di kolom Y.




  • Selesai (Proses penginputan data selesai), menu SPSS jangan ditutup, sekarang kita lanjutkan dengan analisis deskriptif.

ANALISIS DESKRIPTIF

Yaitu analisis yang bertujuan menggambarkan keadaan data, analisis deskriptif berupa:
  • Ukuran gejala pusat berupa: mean, median, modus
  • Ukuran penyebaran berupa: kuartil, desil, persentil
  • Ukuran penyebaran berupa: rentang data (range),simpangan (simpangan baku dan varians).
  • Ukuran kemiringan berupa: Model populasi, koefisien kemiring (kurtosis), koefisien kecembungan (skweness) (Tiro, 2006)
Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Klik Analyze à klik Descriptive statistic à klik Frequencies


  • Klik Pengaruh Ms. Office (x) à klik tanda panah untuk memasukkan variabel x ke kolom variable(s).
  • Klik Kinerja Pegawai (y) à klik tanda panah untuk memasukkan variabel y ke kolom variable(s) atau sorot semua variabel x dan y tekan tanda panah. 
  • Beri tanda centang (V) display frequency tables.





  • Klik Statistics. beri centang (V) Quartil, percentil (isi 25, klik Add, ulangi untuk 50, dan 75) std.deviation, varians, range, Minimum, Maximum, SE.mean, Mean, Median, Mode, Sum Skweness, Kurtosis. à Klik Continue.



  • Klik Chart (beri centang pada pilihan) Histogram centang With normal curve à Klik Continue.



  • Klik Format (untuk mengatur tampilan data) à Klik Ok.



Sekarang Anda dapat melihat outputnya:




Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔