ANGKET/KUESIONER
Berikut ini adalah Angket/Kuesioner yang diberikan kepada Responden.Petunjuk Pengisian:
Berilah tanda silang (x) atau lingkaran pada huruf yang sesuai dengan jawaban Anda.
I. Identitas Responden
1. Jenis Kelamin:a. Pria
b. Wanita
b. Wanita
2. Usia:
a. 19-26 tahun
b. 27-34 tahun
c. 35-42 tahun
d. 43-50 tahun
e. 51 tahun keatas
3. Pendidikan Terakhir:
b. SLTA
c. D3
d. S1
e. S2
4. Masa Kerja:
b. 6-14 tahun
c. 11-15 tahun
d. 16-20 tahun
e. 21 tahun keatas
II. Variabel Penelitian
A. Variabel Terikat (X) Pengaruh Microsoft Office
1. Apakah Bapak/Ibu sering melakukan pengolahan data/informasi dengan komputer?b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
2. Apakah penggunaan Microsoft Office dapat meningkatkan mutu kerja karena data informasi dapat di akses dengan cepat?
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
3. Apakah Bapak/Ibu menggunakan program tertentu di komputer dalam mengolah data untuk menyelesaikan pekerjaan Anda?
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
4. Menurut Bapak/Ibu Microsoft Office dapat fleksibilitas dalam mengolah data dan informasi sehingga memudahkan proses perbaikan apabila terjadi kesalahan?
b. Setuju
c. Kurang setuju
d. Tidak setuju
e. Sangat tidak setuju
5. Apakah Bapak/Ibu menggunakan Microsoft Office karena mampu mengolah data dengan kecepatan yang sangat tinggi untuk memperoleh data tepat waktu?
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
6. Apakah informasi yang diperoleh dari Microsoft Office manajemen sering digunakan dalam proses pengambilan keputusan?
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
7. Apakah Bapak/Ibu sering memanfaatkan komputer secara optimal dalam hal memperoleh informasi untuk menyelesaikan pekerjaan?
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
8. Menurut Bapak/Ibu penggunaan Microsoft Office dapat melakukan pengolahan data yang cepat dibandingkan dengan cara manual/biasa?
b. Cepat
c. Biasa saja
d. Lambat
e. Lebih lambat
9. Apakah Bapak/Ibu menggunakan password dalam menyimpan dan membuka data dan informasi?
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
10. Apakah Bapak/Ibu menemui kendala dalam menggunakan Microsoft Office?
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
B. Variabel bebas (Y) Kinerja Pegawai
1. Apakah dalam bekerja Bapak/Ibu selalu memanfaatkan tenaga dan keterampilan kerja?b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
2. Apakah Bapak/Ibu sudah secara maksimal menggunakan seluruh waktu bekerja melakukan tugas-tugas yang harus dilakukan?
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
3. Apakah dengan adanya Microsoft Office dapat mendorong pegawai untuk lebih kreatif dan inovatif?
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
4. Apakah Bapak/Ibu selalu menyelesaikan tugas yang diberikan secara tepat waktu?
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
5. Apakah Bapak/Ibu telah puas dengan hasil pekerjaan yang sudah dicapai?
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
6. Dengan adanya Microsoft Office dapat memotivasi anda bekerja lebih baik?
b. Baik
c. Biasa saja
d. Buruk
e. Lebih buruk
7. Apakah dengan adanya Microsoft Office dapat menghemat pemakaian waktu, dana, dan pikiran dalam bekerja?
b. Setuju
c. Biasa Saja
d. Kurang Setuju
e. Tidak Setuju
8. Apakah pekerjaan yang Anda selesaikan sesuai dengan standar pelayanan yang ada?
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
9. Menurut Anda dengan penggunaan Microsoft Office, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekeraan yang menggunakan komputer akan lebih tepat dan cepat?
b. Setuju
c. Kurang setuju
d. Tidak setuju
e. Sangat tidak setuju
10. Apakah dalam penggunaan Microsoft Office dapat dioperasikan oleh semua pegawai?
b. Setuju
c. Kurang setuju
d. Tidak setuju
e. Sangat tidak setuju
TABEL DATA IDENTITAS RESPONDEN
No. Responden | 1 | 2 | 3 | 4 |
1 | A | A | C | A |
2 | A | C | D | A |
3 | B | C | D | C |
4 | A | C | C | C |
5 | A | C | B | C |
6 | A | E | D | E |
7 | A | D | D | D |
Dengan ketentuan nilai pada pilihan ganda Variabel Penelitian:
A | B | C | D | E |
5 | 4 | 3 | 2 | 1 |
No. Responden | X | Y |
1 | 38 | 43 |
2 | 42 | 41 |
3 | 36 | 48 |
4 | 39 | 41 |
5 | 34 | 42 |
6 | 44 | 40 |
7 | 47 | 45 |
TABEL DATA MENTAH MICOSOFT OFFICE DAN KINERJA PEGAWAI
No. Responden | X | Y |
1 | 38 | 43 |
2 | 42 | 41 |
3 | 36 | 48 |
4 | 39 | 41 |
5 | 34 | 42 |
6 | 44 | 40 |
7 | 47 | 45 |
INPUT DATA KE PROGRAM SPSS
Input data dari TABEL DATA MENTAH MICOSOFT OFFICE DAN KINERJA PEGAWAI: Pengaruh Microsoft Office (X) = 38, 42, 36, 39, 34, 44, 47
Kinerja Pegawai (Y) = 43, 41, 48, 41, 42, 40, 45
Kinerja Pegawai (Y) = 43, 41, 48, 41, 42, 40, 45
- Sekarang kita mulai menginput data sesuai contoh di atas.
Klik Start -> All program -> SPSS for windows
Menu yang akan muncul berupa sheet (excel) yaitu Data view (tempat memasukkan data), variabel view (tempat mendefinisikan variabel).
- Klik variabel view (ketik)
* Kolom “name” = x (nama variabel tidak boleh ditandai dengan spasi)
* Kolom “type” = numeric
* Kolom “width” = 8 (banyaknya karakter)
* Kolom “Decimal” = 0 (banyaknya angka di belakang koma)
* Kolom “Label” = Pengaruh Ms. Office (label variabel)
* Kolom “value” = none (diisi jika data kualitatif: misalkan L = 1, P = 0)
* Kolom “Missing” = none (selisih antara variabel)
* Kolom “Columns” = 8 (lebar kolom disesuaikan)
* Kolom “Align” = Right (rata tulisan)
* Kolom “Measure” = Scala (jenis data)
- Lanjutkan dengan mendefinisikan variabel “Y”
Klik Data view (ketik) Ketik semua data variabel Pengaruh Ms. Office di kolom X, Ketik semua data variabel Kinerja Pegawai di kolom Y.
- Selesai (Proses penginputan data selesai), menu SPSS jangan ditutup, sekarang kita lanjutkan dengan analisis deskriptif.
ANALISIS DESKRIPTIF
Yaitu analisis yang bertujuan menggambarkan keadaan data, analisis deskriptif berupa:- Ukuran gejala pusat berupa: mean, median, modus
- Ukuran penyebaran berupa: kuartil, desil, persentil
- Ukuran penyebaran berupa: rentang data (range),simpangan (simpangan baku dan varians).
- Ukuran kemiringan berupa: Model populasi, koefisien kemiring (kurtosis), koefisien kecembungan (skweness) (Tiro, 2006)
- Klik Analyze à klik Descriptive statistic à klik Frequencies
- Klik Pengaruh Ms. Office (x) à klik tanda panah untuk memasukkan variabel x ke kolom variable(s).
- Klik Kinerja Pegawai (y) à klik tanda panah untuk memasukkan variabel y ke kolom variable(s) atau sorot semua variabel x dan y tekan tanda panah.
- Beri tanda centang (V) display frequency tables.
- Klik Statistics. beri centang (V) Quartil, percentil (isi 25, klik Add, ulangi untuk 50, dan 75) std.deviation, varians, range, Minimum, Maximum, SE.mean, Mean, Median, Mode, Sum Skweness, Kurtosis. à Klik Continue.
- Klik Chart (beri centang pada pilihan) Histogram centang With normal curve à Klik Continue.
- Klik Format (untuk mengatur tampilan data) à Klik Ok.
Sekarang Anda dapat melihat outputnya:
0 Komentar
Penulisan markup di komentar