Beli Full Bike atau Rakitan?



Full Bike atau Rakitan?

Membeli sepeda gunung dapat berupa bentuk sepeda yang sudah jadi (full bike) atau rakitan yang biasanya komponen-komponennya dapat dipilih sendiri (biasanya disesuaikan budget). Tapi bagi pemula yang ingin mempunyai sepeda gunung, pilih full bike atau rakitan?

Full Bike, cukup mudah, tinggal datang saja ke toko sepeda, pilih sepeda yang diinginkan, bayar, dan tinggal digunakan. Nggak perlu repot-repot untuk memilih komponen sepeda. Instan. Mungkin itu kata yang paling cocok. 

Tapi (ada tapinya nih), kalau kamu seorang yang amat sangat privasi, mungkin akan banyak yang dirubah supaya sepeda gunung kamu nggak persis sama seperti kebanyakan orang pakai, yang mungkin biayanya malah seharga sepeda gunung rakitan.

Rakitan, agak sulit memang, minimal kita harus sedikit menguasai fungsi dan kegunaan komponen-komponen sepeda gunung satu per satu. Tapi jika sepeda gunung telah berhasil dirakit, kamu bakal merasakan kepuasan tersendiri yang nggak dirasakan oleh pembeli sepeda gunung full bike

Kamu bisa mendesain sendiri bentuk, warna sepeda gunung kamu bahkan bisa disesuaikan dengan budget yang ada (intinya bisa nguras kantong, atau cuma seperlunya aja). Untuk pemula memang kurang dianjurkan untuk membeli sepeda gunung yang rakitan, tapi jangan berkecil hati, ajak aja senior (yang mengerti tentang sepeda gunung) untuk menemani membeli sepeda.

Kalau bicara tentang kualitas, penulis bilang: sama aja. Misalnya ada pertanyaan, kenapa sepeda full bike lebih murah? Karena sepeda full bike diproduksi secara massal oleh pabrikan tertentu dan dapat menekan biaya produksi. 

Biaya merakit sepeda gunung lebih mahal daripada yang full bike? Itu tergantung. Kalau kamu pilih komponennya mahal-mahal, jatuhnya pasti lebih mahal daripada yang full bike

Tapi kalo kamu pilih komponennya yang orang Cina bilang, KW1 atau generik, jatuhnya bisa jadi lebih murah daripada full bike. Jadi itu semua tergantung selera dan budget pembeli sepeda gunung tersebut.

Hardtail atau Full Suspension?

Sepeda gunung saat ini telah dilengkapi dengan suspensi. Baik yang suspensi pada bagian depan saja (hardtail), maupun yang bersuspensi di bagian depan juga di bagian belakang (full suspension). Kalo untuk pemula, pilih mana?

Disarankan untuk pemula mencoba hardtail dulu, agar membiasakan diri dengan sepeda gunung yang ringan, pengendalian yang mudah, dan perawatan yang sederhana. Setelah terbiasa, boleh dilanjutkan dengan yang full suspension, dikarenakan yang model ini cukup ribet dalam pengendalian dan perawatannya. 

Tapi yang pasti, untuk pemula yang baru pertama kali membeli sepeda gunung, belilah sepeda cross country terlebih dahulu. Baik hardtail maupun full suspension. Jangan membeli sepeda free ride, apalagi downhill.

Tentukan Budget Anda

Meskipun kamu sudah bermimpi mempunyai sepeda gunung dengan komponen yang maksimal, tentukan dulu budget-nya. Jangan karena menuruti ambisius, bisa-bisa kamu rela nggak makan sebulan demi mendapatkan sepeda gunung yang kamu inginkan. 

Kalau budget dibawah satu juta, belilah sepeda gunung yang seharga itu, toh nantinya kalo ada uang lebih bisa di upgrade sesuai kemauan kamu. Ya 'kan?

Pepatah yang berbunyi ‘harga tidak menipu’ dan ‘ada harga ada rupa’ berlaku dalam membeli sepeda. Semakin mahal, semakin bagus juga kualitasnya. Tapi ini berlaku buat mereka yang berkantong tebal, yang penting itu 'kan DENGKUL-nya, bukan SEPEDA-nya. 

Jangan sampai punya sepeda gunung mahal tapi dengkulnya cuma sanggup gowes 1-2 meter… Betul?

Harganya?

Harga sepeda gunung ada yang mulai dari 800 ribuan sampai yang puluhan juta rupiah. Kualitas bahan komponen biasanya yang menentukan mahalnya sepeda gunung. Biasanya sepeda gunung yang berharga satu jutaan kebawah, frame-nya terbuat dari besi. Diatas harga tersebut ada yang terbuat dari alumunium, ada juga yang terbuat dari serat karbon. 

Untuk pemula yang hanya ingin sepedaan buat CFD atau sekedar JJS, disarankan memilih sepeda yang berharga sektar 1-3 jutaan saja. Di harga tersebut kamu bisa dapat frame alumunium dan spesifikasi yang lumayan handal.

Sekian dulu postingan dari saya, di postingan saya selanjutnya akan membahas sedikit tentang klasifikasi-klasifikasi dari sepeda gunung. So, jangan beli sepeda gunung dulu sebelum baca postingannya… hehehe.

Well, selamat bersepeda… keep GOWES!!!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔