Membeli atau Merakit Sepeda Gunung?



Beli atau rakit? Pertanyaan itu sering banget ada di benak orang yang sudah kebelet ingin memiliki sepeda gunung (MTB). Dengan pertimbangan yang amat sangat sulit, biasanya mereka menyesuaikan dengan budget yang mereka miliki. 

Mau yang murah? Berarti beli aja sepeda gunung yang harganya 1-2 juta. Toh nantinya kalau ingin upgrade, bisa dicicil per part dibanding beli yang mahal tapi nguras kantong. 

Apalagi buat anak kuliahan, bisa-bisa uang kuliah mereka terpakai hanya buat memodifikasi sepeda karena keinginannya yang ‘berkelas’ itu. Kalau buat para pekerja, bisa-bisa yang tadinya mereka berslogan ‘Bike to Work’ malah jadi ‘Work to Bike’… hehehe.

Ada juga yang nekat ingin membeli yang mahal sekalian, dengan berslogan ‘Jangan menyesal setelah membeli’. Kalau mereka berkantong tebal sih, nggak ada masalah, yang jadi masalah itu yang di dompetnya jarang dikunjungi lembaran merah bergambar Soekarno-Hatta… hehehe. 

Nah, daripada bingung mikirin memilih beli atau rakit sepeda yang sesuai dengan budget kita, mari kita sedikit mengetahui tentang tips-tips membeli atau merakit sepeda gunung.

Saat ini sepeda gunung sudah banyak yang menerapkan sistem suspensi atau fork suspension pada roda depannya, bahkan ada juga yang menerapkannya di roda belakangnya sekalian atau disebut juga dual suspension

Kebanyakan dengan didukung frame yang kuat dan ringan, terbuat dari alumunium yang sudah terkenal handal untuk dibawa ke medan terjal apalagi hanya di jalan biasa. Dengan spesifikasi tersebut menjadikan sepeda gunung mempunyai kategori-kategori. 

Contohnya adalah AM atau DH yang terlihat dari head angle yang semakin slack dibawah 70 derajat. Semakin kecil sudutnya semakin nyaman dan mumpuni untuk menghadapi turunan atau ber-downhill ria. 

Demikian juga dengan bahan materialnya, sepeda AM/DH yang notabene lebih banyak dipakai untuk ‘menghajar’ jalanan offroad tentunya memerlukan jenis material yang lebih kuat.

Jangan salah membeli sepeda gunung kalau hanya berdasarkan bentuknya yang keren saja, simak juga fungsi dari sepeda gunung itu sendiri. Kalau untuk ‘Bike to Work’, jangan pakai BMX, dijamin capek banget. 

Kalau untuk jalan-jalan ke gunung, jangan beli yang city bike, yang ada malah kelihatan mau ke pasar karena ada keranjangnya di depan setang. 

Kalau untuk downhill atau dirt jump, jangan beli yang cross country, karena sepeda model itu hanya maksimal dipakai untuk jalan raya bukan untuk jalan terjal yang ajrut-ajrutan serasa ‘menyiksa sepeda’ sendiri.

Demikian sedikit penjelasan dari saya, artikel ini akan terus berlanjut di posting selanjutnya dengan judul “Beli Full Bike atau Rakitan?”.



Sumber: 
juneexc.wordpress.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔