Isu Mengenai Etika dan Profesionalisme

Add Comment


Terbentuknya etika komputer sebagai sebuah disiplin ilmu baru dalam bidang teknologi tidak dapat dipisahkan dari permasalahan-permasalahan seputar penggunaan komputer yang meliputi kejahatan komputer, pelanggaran HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) dan tanggung jawab profesi.

Kejahatan Komputer

Kejahatan komputer atau computer crime adalah kejahatan yang ditimbulkan karena penggunaan komputer secara ilegal. Kejahatan komputer terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi komputer saat ini. 

Beberapa jenis kejahatan komputer meliputi Denial of Services (melumpuhkan layanan sebuah sistem komputer), penyebaran virus, spam, carding (pencurian melalui internet) dan lain-lain. Contoh: Pada tahun 1982 telah terjadi penggelapan uang di bank melalui komputer sebagaimana diberitakan “Suara Pembaharuan” edisi 10 Januari 1991 tentang dua orang mahasiswa yang membobol uang dari sebuah bank swasta di Jakarta sebanyak Rp. 372.100.000,00 dengan menggunakan sarana komputer. 

Perkembangan lebih lanjut dari teknologi komputer adalah berupa computer network yang kemudian melahirkan suatu ruang komunikasi dan informasi global yang dikenal dengan internet. Pada kasus tersebut, kasus ini modusnya adalah murni kriminal, kejahatan jenis ini biasanya menggunakan internet hanya sebagai sarana kejahatan.

Penyelesaiannya, karena kejahatan ini termasuk penggelapan uang pada bank dengan menggunakan komputer sebagai alat melakukan kejahatan. Sesuai dengan undang-undang yang ada di Indonesia maka, orang tersebut diancam dengan pasal 362 KUHP atau Pasal 378 KUHP, tergantung dari modus perbuatan yang dilakukannya.

Pelanggaran HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual)

Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh internet menyebabkan terjadinya pelanggaran HAKI seperti pembajakan program komputer, penjualan program ilegal dan pengunduhan ilegal. Contoh: PT Huawei Tech Investment, pemegang hak cipta handset Huawei Esia di Indonesia, akan mengambil tindakan hukum terhadap pihak-pihak yang melanggar hak cipta miliknya “Kami tidak akan segan untuk menindaklanjuti dengan langkah hukum yang lebih tegas sama halnya seperti upaya pidana yang telah dilakukan sebelumnya,” ujar Ignatius Supriady, kuasa hukum Huawei, kemarin. 

Pernyataan Ignatius itu dilontarkan terkait dengan munculnya praktik unlocking yang dilakukan pihak lain terhadap handset Huawei yang sejatinya khusus diciptakan agar hanya dapat digunakan untuk layanan jasa telekomunikasi Esia bundling.

Tanggung Jawab Profesi

Berkembangnya teknologi komputer telah membuka lapangan kerja baru seperti programmer, teknisi mesin komputer, desainer grafis dan lain-lain. Para pekerja memiliki interaksi yang sangat tinggi dengan komputer sehingga diperlukan pemahaman mendalam mengenai etika komputer dan tanggung jawab profesi yang berlaku. Contoh: Jaksa yang bertugas di Kejagung, Urip Tri Gunawan, ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Koordinator jaksa penyelidik kasus BLBI Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI) milik obligor Grup Gadjah Tunggal Sjamsul Nursalim telah tertangkap basah bersama barang bukti berupa uang senilai US$ 660 ribu atau Rp 6 miliar. 

Urip Tri Gunawan adalah salah satu dari 35 jaksa daerah terbaik di Indonesia dan pernah menjadi Kepala Kejaksaan Negeri di Klungkung, Bali. Dia dipergoki sedang menerima suap dari Artalyta Suryani yang diduga terkait penghentian penyelidikan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia di Gedung Bundar, Kejaksaan Agung (Kejagung).

Pendapat penulis:
Pada kasus kejahatan komputer dengan cara membobol bank melalui komputer diatas sangat disayangkan, karena seharusnya mereka dengan kemampuan seperti itu dapat digunakan untuk tujuan yang baik tanpa harus berbuat kriminal, salah satunya menjadi penguji tingkat keamanan software suatu perusahaan (termasuk bank).

PT Huawei Tech Investment selaku produsen sebelum melakukan locking pada handphone bundling-annya pasti sudah mengatisipasi bila terjadi unlocking pada produknya, tapi yang saya dengar akhir-akhir ini Esia malah membiarkan konsumen yang melakukan unlocking sebagai langkah pemasarannya yaitu dengan membiarkan konsumen untuk memilih apakah Esia selaku kartu CDMA termurah dibandingkan dengan kartu CDMA lainnya yang katanya lebih murah atau memang 'murahan'?

Mengenai kasus suap yang dialami Artalyta Suryani memang tidak jauh dari segi politik. Mereka (para pejabat) dengan mudahnya mengatasnamakan hukum demi memperkaya dirinya sendiri. Mereka tidak sadar apabila rakyat mulai geram atas perilaku mereka, akibatnya saat ini rakyat tidak mempercayai pemerintah karena ulah para pejabat yang tidak bertanggung jawab. 

Dan saat ini memang hanya satu kata yang terlintas di otak penulis, bukan... bukan Reformasi, itu sudah basi... tapi REVOLUSI!!



Sumber :
http://deluthus.blogspot.com/2011/02/8-contoh-kasus-cyber-crime-yang-pernah.html
http://meirianie.wordpress.com/2011/02/28/kasus-pelanggaran-haki/
http://wonkdermayu.wordpress.com/artikel/etika-dan-tanggungjawab-profesi-hukum/

IT Forensics

Add Comment


Pengertian Audit Trail

Audit Trail merupakan salah satu fitur dalam suatu program yang mencatat semua kegiatan yang dilakukan tiap user dalam suatu tabel log secara rinci. Audit Trail secara default akan mencatat waktu, user, data yang diakses dan berbagai jenis kegiatan. Jenis kegiatan bisa berupa menambah, mengubah dan menghapus. 

Audit Trail apabila diurutkan berdasarkan waktu bisa membentuk suatu kronologis manipulasi data. Dasar ide membuat fitur Audit Trail adalah menyimpan histori tentang suatu data (dibuat, diubah atau dihapus) dan oleh siapa serta bisa menampilkannya secara kronologis. Dengan adanya Audit Trail ini, semua kegiatan dalam program yang bersangkutan diharapkan bisa dicatat dengan baik.

Cara Kerja Audit Trail

Audit Trail yang disimpan dalam suatu tabel :
  1. Dengan menyisipkan perintah penambahan record ditiap query Insert, Update dan Delete
  2. Dengan memanfaatkan fitur trigger pada DBMS. Trigger adalah kumpulan SQL statement, yang secara otomatis menyimpan log pada event INSERT, UPDATE, ataupun DELETE pada sebuah tabel.

Fasilitas Audit Trail

Fasilitas Audit Trail diaktifkan, maka setiap transaksi yang dimasukan ke Accurate, jurnalnya akan dicatat di dalam sebuah tabel, termasuk oleh siapa, dan kapan. Apabila ada sebuah transaksi yang di-edit, maka jurnal lamanya akan disimpan, begitu pula dengan jurnal barunya.

Hasil Audit Trail

Record Audit Trail disimpan dalam bentuk, yaitu :
  • Binary File - Ukuran tidak besar dan tidak bisa dibaca begitu saja
  • Text File - Ukuran besar dan bisa dibaca langsung
  • Tabel

Real-Time Audit

Real-Time Audit atau RTA adalah suatu sistem untuk mengawasi kegiatan teknis dan keuangan sehingga dapat memberikan penilaian yang transparan status saat ini dari semua kegiatan, di mana pun mereka berada. 

Ini mengkombinasikan prosedur sederhana dan logis untuk merencanakan dan melakukan dana untuk kegiatan dan "siklus proyek" pendekatan untuk memantau kegiatan yang sedang berlangsung dan penilaian termasuk cara mencegah pengeluaran yang tidak sesuai.

RTA menyediakan teknik ideal untuk memungkinkan mereka yang bertanggung jawab untuk dana, seperti bantuan donor, investor dan sponsor kegiatan untuk dapat "terlihat di atas bahu" dari manajer kegiatan didanai sehingga untuk memantau kemajuan. 

Sejauh kegiatan manajer prihatin RTA meningkatkan kinerja karena sistem ini tidak mengganggu dan donor atau investor dapat memperoleh informasi yang mereka butuhkan tanpa menuntut waktu manajer. 

Pada bagian dari pemodal RTA adalah metode biaya yang sangat nyaman dan rendah untuk memantau kemajuan dan menerima laporan rinci reguler tanpa menimbulkan beban administrasi yang berlebihan baik untuk staf mereka sendiri atau manajemen atau bagian dari aktivitas manajer.

Penghematan biaya overhead administrasi yang timbul dari penggunaan RTA yang signifikan dan meningkat seiring kemajuan teknologi dan teknik dan kualitas pelaporan dan kontrol manajemen meningkatkan menyediakan kedua manajer dan pemilik modal dengan cara untuk mencari kegiatan yang dibiayai dari sudut pandang beberapa manfaat dengan minimum atau tidak ada konsumsi waktu di bagian aktivitas manajer. 

Definisi IT Forensics

  • Penggunaan sekumpulan prosedur untuk melakukan pengujian secara menyeluruh suatu sistem komputer dengan mempergunakan software dan tool untuk memelihara barang bukti tindakan kriminal.
  • Menurut Noblett, yaitu berperan untuk mengambil, menjaga, mengembalikan, dan menyajikan data yang telah diproses secara elektronik dan disimpan di media komputer.
  • Menurut Judd Robin, yaitu penerapan secara sederhana dari penyidikan komputer dan teknik analisisnya untuk menentukan bukti-bukti hukum yang mungkin.
  • Ilmu yang berhubungan dengan pengumpulan fakta dan bukti pelanggaran keamanan sistem informasi serta validasinya menurut metode yang digunakan.

Tujuan IT Forensics

Bertujuan untuk mendapatkan fakta-fakta obyektif dari sebuah insiden/pelanggaran keamanan sistem informasi/kejahatan komputer.

Prosedur dalam Forensik IT

Metodologi umum dalam proses pemeriksaan insiden sampai proses hukum:
  • Pengumpulan data/fakta dari sistem komputer (harddisk, usb-stick, log, memory-dump, internet, dan lain-lain) – termasuk di dalamnya data yang sudah terhapus.
  • Mendokumentasikan fakta-fakta yang ditemukan dan menjaga integritas data selama proses forensik dan hukum dengan proteksi fisik, penanganan khusus, pembuatan image, dan menggunakan algoritma HASH untuk pembuktian/verifikasi.
  • Merunut kejadian (chain of events) berdasarkan waktu kejadian.
  • Memvalidasi kejadian-kejadian tersebut dengan metode “sebab-akibat”.
  • Dokumentasi hasil yang diperoleh dan menyusun laporan.
  • Proses hukum (pengajuan delik, proses persidangan, saksi ahli, dll).

Tools dalam Forensik IT

  • Antiword. Antiword merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menampilkan teks dan gambar dokumen Microsoft Word. Antiword hanya mendukung dokumen yang dibuat oleh Microsoft Word versi 2 dan versi 6 atau yang lebih baru.
  • Autopsy. The Autopsy Forensic Browser merupakan antarmuka grafis untuk tool analisis investigasi diginal perintah baris The Sleuth Kit. Bersama, mereka dapat menganalisis disk dan file sistem Windows dan UNIX (NTFS, FAT, UFS1/2, Ext2/3).
  • Binhash. Binhash merupakan sebuah program sederhana untuk melakukan hashing terhadap berbagai bagian file ELF dan PE untuk perbandingan. Saat ini ia melakukan hash terhadap segmen header dari bagian header segmen obyek ELF dan bagian segmen header obyek PE.
  • Sigtool. Sigtool merupakan tool untuk manajemen signature dan database ClamAV. Sigtool dapat digunakan untuk rnenghasilkan checksum MD5, konversi data ke dalam format heksadesimal, menampilkan daftar signature virus dan build/unpack/test/verify database CVD dan skrip update.
  • ChaosReader. ChaosReader merupakan sebuah tool freeware untuk melacak sesi TCP/UDP/… dan mengambil data aplikasi dari log tcpdump. la akan mengambil sesi telnet, file FTP, transfer HTTP (HTML, GIF, JPEG,…), email SMTP, dan sebagainya, dari data yang ditangkap oleh log lalu lintas jaringan. Sebuah file index html akan tercipta yang berisikan link ke seluruh detil sesi, termasuk program replay realtime untuk sesi telnet, rlogin, IRC, X11 atau VNC; dan membuat laporan seperti laporan image dan laporan isi HTTP GET/POST.
  • Chkrootkit. Chkrootkit merupakan sebuah tool untuk memeriksa tanda-tanda adanya rootkit secara lokal. la akan memeriksa utilitas utama apakah terinfeksi, dan saat ini memeriksa sekitar 60 rootkit dan variasinya.
  • Dcfldd. Tool ini mulanya dikembangkan di Department of Defense Computer Forensics Lab (DCFL). Meskipun saat ini Nick Harbour tidak lagi berafiliasi dengan DCFL, ia tetap memelihara tool ini.
  • Ddrescue. GNU ddrescue merupakan sebuah tool penyelamat data, la menyalinkan data dari satu file atau device blok (hard disc, cdrom, dsb.) ke yang lain, berusaha keras menyelamatkan data dalam hal kegagalan pembacaan. Ddrescue tidak memotong file output bila tidak diminta. Sehingga setiap kali anda menjalankannya ke file output yang sama, ia berusaha mengisi kekosongan.
  • Foremost. Foremost merupakan sebuah tool yang dapat digunakan untuk me-recover file berdasarkan header, footer, atau struktur data file tersebut. la mulanya dikembangkan oleh Jesse Kornblum dan Kris Kendall dari the United States Air Force Office of Special Investigations and The Center for Information Systems Security Studies and Research. Saat ini foremost dipelihara oleh Nick Mikus seorang Peneliti di the Naval Postgraduate School Center for Information Systems Security Studies and Research.
  • Gqview. Gqview merupakan sebuah program untuk melihat gambar berbasis GTK la mendukung beragam format gambar, zooming, panning, thumbnails, dan pengurutan gambar.
  • Galleta. Galleta merupakan sebuah tool yang ditulis oleh Keith J Jones untuk melakukan analisis forensic terhadap cookie Internet Explorer.
  • Ishw. Ishw (Hardware Lister) merupakan sebuah tool kecil yang memberikan informasi detil mengenai konfigurasi hardware dalam mesin. la dapat melaporkan konfigurasi memori dengan tepat, versi firmware, konfigurasi mainboard, versi dan kecepatan CPU, konfigurasi cache, kecepatan bus, dsb. pada sistem t>MI-capable x86 atau sistem EFI.
  • Pasco. Banyak penyelidikan kejahatan komputer membutuhkan rekonstruksi aktivitas Internet tersangka. Karena teknik analisis ini dilakukan secara teratur, Keith menyelidiki struktur data yang ditemukan dalam file aktivitas Internet Explorer (file index.dat). Pasco, yang berasal dari bahasa Latin dan berarti “browse”, dikembangkan untuk menguji isi file cache Internet Explorer. Pasco akan memeriksa informasi dalam file index.dat dan mengeluarkan hasil dalam field delimited sehingga dapat diimpor ke program spreadsheet favorit Anda.
  • Scalpel. Scalpel adalah sebuah tool forensik yang dirancang untuk mengidentifikasikan, mengisolasi dan me-recover data dari media komputer selama proses investigasi forensik. Scalpel mencari hard drive, bit-stream image, unallocated space file, atau sembarang file komputer untuk karakteristik, isi atau atribut tertentu, dan menghasilkan laporan mengenai lokasi dan isi artifak yang ditemukan selama proses pencarian elektronik. Scalpel juga menghasilkan (carves) artifak yang ditemukan sebagai file individual.



Sumber :
http://juliocaesarz.blogspot.com/2011/03/it-audit-trail.html
http://sidodolipet.blogspot.com/2010/04/real-time-audit.html
http://kurodiamond.blogspot.com/2011/03/it-forensics.html

Modus-modus Kejahatan Dalam Teknologi Informasi

Add Comment


Kejahatan yang berhubungan erat dengan penggunaan teknologi yang berbasis komputer dan jaringan telekomunikasi ini dikelompokkan dalam beberapa bentuk sesuai modus operandi yang ada, antara lain:

Unauthorized Access to Computer System and Service

Kejahatan yang dilakukan dengan memasuki/menyusup ke dalam suatu sistem jaringan komputer secara tidak sah, tanpa izin atau tanpa sepengetahuan dari pemilik sistem jaringan komputer yang dimasukinya. Biasanya pelaku kejahatan (hacker) melakukannya dengan maksud sabotase ataupun pencurian informasi penting dan rahasia. 

Namun begitu, ada juga yang melakukannya hanya karena merasa tertantang untuk mencoba keahliannya menembus suatu sistem yang memiliki tingkat proteksi tinggi. Kejahatan ini semakin marak dengan berkembangnya teknologi internet/intranet. 

Kita tentu belum lupa ketika masalah Timor Timur sedang hangat-hangatnya dibicarakan di tingkat internasional, beberapa website milik pemerintah RI dirusak oleh hacker (Kompas, 11/08/1999). 

Beberapa waktu lalu, hacker juga telah berhasil menembus masuk ke dalam database berisi data para pengguna jasa America Online (AOL), sebuah perusahaan Amerika Serikat yang bergerak dibidang e-commerce yang memiliki tingkat kerahasiaan tinggi (Indonesian Observer, 26/06/2000). Situs Federal Bureau of Investigation (FBI) juga tidak luput dari serangan para hacker, yang mengakibatkan tidak berfungsinya situs ini beberapa waktu lamanya.

Illegal Contents

Merupakan kejahatan dengan memasukkan data atau informasi ke internet tentang sesuatu hal yang tidak benar, tidak etis, dan dapat dianggap melanggar hukum atau mengganggu ketertiban umum. 

Sebagai contohnya, pemuatan suatu berita bohong (hoax) atau fitnah yang akan menghancurkan martabat atau harga diri pihak lain, hal-hal yang berhubungan dengan pornografi atau pemuatan suatu informasi yang merupakan rahasia negara, agitasi dan propaganda untuk melawan pemerintahan yang sah dan sebagainya.

Data Forgery

Merupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan sebagai scripless document melalui internet. Kejahatan ini biasanya ditujukan pada dokumen-dokumen e-commerce dengan membuat seolah-olah terjadi "salah ketik" yang pada akhirnya akan menguntungkan pelaku karena korban akan memasukkan data pribadi dan nomor kartu kredit yang dapat saja disalah gunakan

Cyber Espionage

Merupakan kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer (computer network system) pihak sasaran. 

Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap saingan bisnis yang dokumen ataupun data pentingnya (database) tersimpan dalam suatu sistem yang computerized (tersambung dalam jaringan komputer)

Cyber Sabotage and Extortion

Kejahatan ini dilakukan dengan membuat gangguan, perusakan atau penghancuran terhadap suatu data, program komputer atau sistem jaringan komputer yang terhubung dengan internet. 

Biasanya kejahatan ini dilakukan dengan menyusupkan suatu logic bomb, virus komputer ataupun suatu program tertentu, sehingga data, program komputer atau sistem jaringan komputer tidak dapat digunakan, tidak berjalan sebagaimana mestinya, atau berjalan sebagaimana yang dikehendaki oleh pelaku.

Offense Against Intellectual Property

Kejahatan ini ditujukan terhadap hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki pihak lain di internet. Sebagai contoh, peniruan tampilan pada web page suatu situs milik orang lain secara ilegal, penyiaran suatu informasi di internet yang ternyata merupakan rahasia dagang orang lain, dan sebagainya.

Infringements of Privacy

Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap keterangan pribadi seseorang yang tersimpan pada formulir data pribadi yang tersimpan secara computerized, yang apabila diketahui oleh orang lain maka dapat merugikan korban secara materil maupun immateril, seperti nomor kartu kredit, nomor PIN ATM, cacat atau penyakit tersembunyi dan sebagainya.

Contoh Kasus di Indonesia

Pencurian dan Penggunaan Account Internet Milik Orang Lain

Salah satu kesulitan dari sebuah ISP (Internet Service Provider) adalah adanya account pelanggan mereka yang “dicuri” dan digunakan secara tidak sah. 

Berbeda dengan pencurian yang dilakukan secara fisik, “pencurian” account cukup menangkap “userid” dan “password” saja. Hanya informasi yang dicuri. Sementara itu orang yang kecurian tidak merasakan hilangnya “benda” yang dicuri. 

Pencurian baru terasa efeknya jika informasi ini digunakan oleh yang tidak berhak. Akibat dari pencurian ini, penggunan dibebani biaya penggunaan account tersebut. Kasus ini banyak terjadi di ISP. Namun yang pernah diangkat adalah penggunaan account curian oleh dua warnet di Bandung.

Membajak Situs Web

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh cracker adalah mengubah halaman web, yang dikenal dengan istilah deface. Pembajakan dapat dilakukan dengan mengeksploitasi lubang keamanan. Sekitar 4 bulan yang lalu, statistik di Indonesia menunjukkan satu (1) situs web dibajak setiap harinya. Hukum apa yang dapat digunakan untuk menjerat cracker ini?

Probing dan Port Scanning 

Salah satu langkah yang dilakukan cracker sebelum masuk ke server yang ditargetkan adalah melakukan pengintaian. Cara yang dilakukan adalah dengan melakukan “port scanning” atau “probing” untuk melihat servis-servis apa saja yang tersedia di server target. 

Sebagai contoh, hasil scanning dapat menunjukkan bahwa server target menjalankan program web server Apache, mail server Sendmail, dan seterusnya. Analogi hal ini dengan dunia nyata adalah dengan melihat-lihat apakah pintu rumah anda terkunci, merek kunci yang digunakan, jendela mana yang terbuka, apakah pagar terkunci (menggunakan firewall atau tidak) dan seterusnya. 

Yang bersangkutan memang belum melakukan kegiatan pencurian atau penyerangan, akan tetapi kegiatan yang dilakukan sudah mencurigakan. Apakah hal ini dapat ditolerir (dikatakan sebagai tidak bersahabat atau unfriendly saja) ataukah sudah dalam batas yang tidak dapat dibenarkan sehingga dapat dianggap sebagai kejahatan?

Berbagai program yang digunakan untuk melakukan probing atau port scanning ini dapat diperoleh secara gratis di internet. Salah satu program yang paling populer adalah “nmap” (untuk sistem yang berbasis UNIX, Linux) dan “Superscan” (untuk sistem yang berbasis Microsoft Windows). Selain mengidentifikasi port, nmap juga bahkan dapat mengidentifikasi jenis operating system yang digunakan.

Virus

Seperti halnya di tempat lain, virus komputer pun menyebar di Indonesia. Penyebaran umumnya dilakukan dengan menggunakan email. Seringkali orang yang sistem email-nya terkena virus tidak sadar akan hal ini. Virus ini kemudian dikirimkan ke tempat lain melalui email-nya. 

Kasus virus ini sudah cukup banyak seperti virus Mellisa, I Love You, dan SirCam. Untuk orang yang terkena virus, kemungkinan tidak banyak yang dapat kita lakukan. Akan tetapi, bagaimana jika ada orang Indonesia yang membuat virus (seperti kasus di Filipina)? Apakah diperbolehkan membuat virus komputer?

Denial of Service (DoS) dan Distributed DoS (DDos) Attack

DoS attack merupakan serangan yang bertujuan untuk melumpuhkan target (hang, crash) sehingga dia tidak dapat memberikan layanan. Serangan ini tidak melakukan pencurian, penyadapan, ataupun pemalsuan data. 

Akan tetapi dengan hilangnya layanan maka target tidak dapat memberikan servis sehingga ada kerugian finansial. Bagaimana status dari DoS attack ini? 

Bayangkan bila seseorang dapat membuat ATM bank menjadi tidak berfungsi. Akibatnya nasabah bank tidak dapat melakukan transaksi dan bank (serta nasabah) dapat mengalami kerugian finansial. DoS attack dapat ditujukan kepada server (komputer) dan juga dapat ditargetkan kepada jaringan (menghabiskan bandwidth). 

Tools untuk melakukan hal ini banyak tersebar di internet. DDoS attack meningkatkan serangan ini dengan melakukannya dari berberapa (puluhan, ratusan, dan bahkan ribuan) komputer secara serentak. Efek yang dihasilkan lebih dahsyat dari DoS attack saja.

Kejahatan yang Berhubungan dengan Nama Domain

Nama domain (domain name) digunakan untuk mengidentifikasi perusahaan dan merek dagang. Namun banyak orang yang mencoba menarik keuntungan dengan mendaftarkan domain nama perusahaan orang lain dan kemudian berusaha menjualnya dengan harga yang lebih mahal. 

Pekerjaan ini mirip dengan calo karcis. Istilah yang sering digunakan adalah cybersquatting. Masalah lain adalah menggunakan nama domain saingan perusahaan untuk merugikan perusahaan lain. (Kasus: mustika-ratu.com) 

Kejahatan lain yang berhubungan dengan nama domain adalah membuat “domain plesetan”, yaitu domain yang mirip dengan nama domain orang lain. (Seperti kasus klikbca.com) Istilah yang digunakan saat ini adalah typosquatting.

IDCERT (Indonesia Computer Emergency Response Team)

Salah satu cara untuk mempermudah penanganan masalah keamanan adalah dengan membuat sebuah unit untuk melaporkan kasus keamanan. Masalah keamanan ini di luar negeri mulai dikenali dengan munculnya “sendmail worm” (sekitar tahun 1988) yang menghentikan sistem email internet kala itu. 

Kemudian dibentuk sebuah Computer Emergency Response Team (CERT). Semenjak itu di negara lain mulai juga dibentuk CERT untuk menjadi point of contact bagi orang untuk melaporkan masalah keamanan. IDCERT merupakan CERT Indonesia .

Sertifikasi Perangkat Security

Perangkat yang digunakan untuk menanggulangi keamanan semestinya memiliki peringkat kualitas. Perangkat yang digunakan untuk keperluan pribadi tentunya berbeda dengan perangkat yang digunakan untuk keperluan militer. 

Namun sampai saat ini belum ada institusi yang menangani masalah evaluasi perangkat keamanan di Indonesia. Di Korea hal ini ditangani oleh Korea Information Security Agency.



Sumber :
http://sidodolipet.blogspot.com/2010/02/jenis-jenis-ancaman-threats-melalui-it.html
http://keamananinternet.tripod.com/pengertian-definisi-cybercrime.html

Pengertian Profesi dan Profesionalisme

Add Comment


Profesionalisme adalah suatu paham yang mencitakan dilakukannya kegiatan-kegiatan kerja tertentu dalam masyarakat, berbekalkan keahlian yang tinggi dan berdasarkan rasa keterpanggilan serta ikrar untuk menerima panggilan tersebut dengan semangat pengabdian selalu siap memberikan pertolongan kepada sesama yang tengah dirundung kesulitan di tengah gelapnya kehidupan (Wignjosoebroto, 1999).

Ciri-ciri profesionalisme di bidang IT adalah harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi di bidang TI, memiliki pengetahuan yang luas, tanggap terhadap masalah client, paham terhadap isu-isu etis serta tata nilai client-nya, mampu bekerja sama dan melakukan pendekatan multidispliner, bekerja dibawah disiplin etika dan mampu mengambil keputusan didasarkan kepada kode etik, bila dihadapkan pada situasi dimana pengambilan keputusan berakibat luas terhadap masyarakat.

Kode Etik seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan:
  • Publik. Bertindak konsisten untuk kepentingan publik, seperti: menerima tanggung jawab penuh atas pekerjaan mereka sendiri, bersikap adil dan menghindari penipuan dalam semua pernyataan umum terutama mengenai software atau dokumen terkait, metode dan alat.
  • Client dan karyawan. Melakukan tindakan terbaik demi kepentingan klien dan atasan mereka, serta konsisten untuk kepentingan publik.
  • Produk. Memastikan produk yang terkait memenuhi standard profesionalisme yang ada.
  • Penilaian. Menjaga integritas dan kemandirian dalam penilaian profesional mereka.
  • Manajemen.
  • Profesi. Meningkatkan integritas dan reputasi dari profesi mereka yang konsisten dengan kepentingan publik.
  • Mitra. Harus adil dan mendukung rekan kerjanya.
  • Diri sendiri. Selalu belajar mengenai praktek profesi mereka.



Sumber :
http://ranisakura.wordpress.com/2010/06/03/pengertian-profesionalisme/
http://slametridwan.wordpress.com/ciri-ciri-profesionalisme-di-bidang-it-dan-kode-etik-profesional-yang-harus-dipunyai-oleh-seorang-it/

Pengertian Etika

Add Comment


Dalam pergaulan hidup bermasyarakat, bernegara hingga pergaulan hidup tingkat internasional di perlukan suatu sistem yang mengatur bagaimana seharusnya manusia bergaul. Sistem pengaturan pergaulan tersebut menjadi saling menghormati dan dikenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, protokoler dan lain-lain. 

Maksud pedoman pergaulan tidak lain untuk menjaga kepentingan masing-masing yang terlibat agar mereka senang, tenang, tentram, terlindung tanpa merugikan kepentingannya serta terjamin agar perbuatannya yang tengah dijalankan sesuai dengan adat kebiasaan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hak-hak asasi umumnya. 

Hal itulah yang mendasari tumbuh kembangnya etika di masyarakat kita. Untuk itu perlu kiranya bagi kita mengetahui tentang pengertian etika serta macam-macam etika dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu “mos” dan dalam bentuk jamaknya “mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk.

Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku.

Berikut di bawah ini adalah beberapa etika dan etiket dalam berkomunikasi antar manusia dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Jujur tidak berbohong
  2. Bersikap dewasa tidak kekanak-kanakan
  3. Lapang dada dalam berkomunikasi
  4. Menggunakan panggilan/sebutan orang yang baik
  5. Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien
  6. Tidak mudah emosi/emosional
  7. Berinisiatif sebagai pembuka dialog
  8. Berbahasa yang baik, ramah dan sopan
  9. Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan
  10. Bertingkahlaku yang baik
Istilah lain yang identik dengan etika, yaitu: usila (Sansekerta), lebih menunjukkan kepada dasar-dasar, prinsip, aturan hidup (sila) yang lebih baik (su). Dan yang kedua adalah akhlak (Arab), berarti moral, dan etika berarti ilmu akhlak.

Menurut para ahli, etika tidak lain adalah aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Perkataan etika atau lazim juga disebut etik, berasal dari kata Yunani ethos yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik, seperti yang dirumuskan oleh beberapa ahli berikut ini:
  • Drs. O.P. Simorangkir: etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
  • Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat: etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
  • Drs. H. Burhanudin Salam: etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma moral yang menentukan prilaku manusia dalam hidupnya.
Etika dalam perkembangannya sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Etika memberi manusia orientasi bagaimana ia menjalani hidupnya melalui rangkaian tindakan sehari-hari. Itu berarti etika membantu manusia untuk mengambil sikap dan bertindak secara tepat dalam menjalani hidup ini. 

Etika pada akhirnya membantu kitauntuk mengambil keputusan tentang tindakan apa yang perlu kita lakukan dan yang perlu kita pahami bersama bahwa etika ini dapat diterapkan dalam segala aspek atau sisi kehidupan kita, dengan demikian etika ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan aspek atau sisi kehidupan manusianya.

Filsuf Aristoteles, dalam bukunya Etika Nikomacheia, menjelaskan tentang pembahasan Etika, sebagai berikut:
  • Terminius Techicus, Pengertian etika dalam hal ini adalah, etika dipelajari untuk ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah perbuatan atau tindakan manusia.
  • Manner dan Custom, Membahas etika yang berkaitan dengan tata cara dan kebiasaan (adat) yang melekat dalam kodrat manusia (in herent in human nature) yang terikat dengan pengertian “baik dan buruk” suatu tingkah laku atau perbuatan manusia.
Pengertian dan definisi Etika dari para filsuf atau ahli berbeda dalam pokok perhatiannya, antara lain:
  • Merupakan prinsip-prinsip moral yang termasuk ilmu tentang kebaikan dan sifat dari hak (the principles of morality, including the science of good and the nature of the right)
  • Pedoman perilaku, yang diakui berkaitan dengan memperhatikan bagian utama dari kegiatan manusia (the rules of conduct, recognize in respect to a particular class of human actions)
  • Ilmu watak manusia yang ideal, dan prinsip-prinsip moral sebagai individual (the science of human character in its ideal state, and moral principles as of an individual)
  • Merupakan ilmu mengenai suatu kewajiban (the science of duty)

Macam-macam Etika

Dalam membahas Etika sebagai ilmu yang menyelidiki tentang tanggapan kesusilaan atau etis, yaitu sama halnya dengan berbicara moral (mores)

Manusia disebut etis, ialah manusia secara utuh dan menyeluruh mampu memenuhi hajat hidupnya dalam rangka asas keseimbangan antara kepentingan pribadi dengan pihak yang lainnya, antara rohani dengan jasmaninya, dan antara sebagai makhluk berdiri sendiri dengan penciptanya. 

Termasuk di dalamnya membahas nilai-nilai atau norma-norma yang dikaitkan dengan etika, terdapat dua macam etika (Keraf: 1991: 23), sebagai berikut:

Etika Deskriptif

Etika yang menelaah secara kritis dan rasional tentang sikap dan perilaku manusia, serta apa yang dikejar oleh setiap orang dalam hidupnya sebagai sesuatu yang bernilai. Artinya Etika deskriptif tersebut berbicara mengenai fakta secara apa adanya, yakni mengenai nilai dan perilaku manusia sebagai suatu fakta yang terkait dengan situasi dan realitas yang membudaya. 

Dapat disimpulkan bahwa tentang kenyataan dalam penghayatan nilai atau tanpa nilai dalam suatu masyarakat yang dikaitkan dengan kondisi tertentu memungkinkan manusia dapat bertindak secara etis.

Etika Normatif

Etika yang menetapkan berbagai sikap dan perilaku yang ideal dan seharusnya dimiliki oleh manusia atau apa yang seharusnya dijalankan oleh manusia dan tindakan apa yang bernilai dalam hidup ini. 

Jadi Etika Normatif merupakan norma-norma yang dapat menuntun agar manusia bertindak secara baik dan menghindarkan hal-hal yang buruk, sesuai dengan kaidah atau norma yang disepakati dan berlaku di masyarakat.

Dari berbagai pembahasan definisi tentang etika tersebut di atas dapat diklasifikasikan menjadi tiga (3) jenis definisi, yaitu sebagai berikut:
  1. Jenis pertama, etika dipandang sebagai cabang filsafat yang khusus membicarakan tentang nilai baik dan buruk dari perilaku manusia.
  2. Jenis kedua, etika dipandang sebagai ilmu pengetahuan yang membicarakan baik buruknya perilaku manusia dalam kehidupan bersama. Definisi tersebut tidak melihat kenyataan bahwa ada keragaman norma, karena adanya ketidaksamaan waktu dan tempat, akhirnya etika menjadi ilmu yang deskriptif dan lebih bersifat sosiologik.
  3. Jenis ketiga, etika dipandang sebagai ilmu pengetahuan yang bersifat normatif, dan evaluatif yang hanya memberikan nilai baik buruknya terhadap perilaku manusia. Dalam hal ini tidak perlu menunjukkan adanya fakta, cukup informasi, menganjurkan dan merefleksikan. Definisi etika ini lebih bersifat informatif, direktif dan reflektif.



Sumber :
http://duniabaca.com/pengertian-etika-dan-macam-macamnya.html
http://ste84fredy.blog.com/2009/10/06/9/

Tips Mempercepat Download Akses di FIREFOX

Add Comment


Berikut ini adalah beberapa tips mempercepat download akses di Mozilla FireFox:
  • Pada Address Bar ketik : ABOUT:CONFIG
  • Cari: NETWORK.HTTP.PIPELINING klik 2x sehingga menjadi TRUE
  • Cari: NETWORK.HTTP.PIPELINING.MAXREQUESTS klik 2x kemudian ganti angka 0 dengan 64
  • Cari: NETWORK.HTTP.PROXY.PIPELINING klik 2x sehingga menjadi TRUE klik kiri 1x dimana saja, kemudian klik kanan –> NEW –> INTEGER ketik: NGLAYOUT.INITIALPAINT.DELAY beri nilai 0
  • Cari: NETWORK.PROXY.SHARE_PROXY_SETTINGS klik 2x sehingga menjadi FALSE
  • kemudian REFRESH atau tekan F5 pada Address Bar, ketik: ABOUT:BLANK klik menu TOOLS –> OPTIONS –> WEB FEATURES
  • Pastikan option: ALLOW WEB SITES TO INSTALL SOFTWARE dalam keadaan aktif, bila belum aktif klik tanda check box untuk mengaktifkan kemudian tekan OK lalu REFRESH (F5)
  • Masuk ke link ini: addons.mozilla.org kemudian klik INSTALL untuk menginstall SwitchProxy Tool Versi 1.3.4, setelah selesai jangan tekan tombol UPDATE, tapi klik tanda X yang ada di pojok kanan atas dari POP UP window yang muncul tutup semua browser Mozilla FireFox, kemudian buka lagi untuk mengaktifkan software SwitchProxy Tool Versi 1.3.4 yang sudah di install tadi. Kalau instalasi sukses, akan muncul Toolbar tambahan di bawah Toolbar navigasi & Address Bar.


:: NOTE ::

Software SwitchProxy Tool Versi 1.3.4 ini selain untuk mengganti Proxy secara otomatis di browser Mozilla FireFox, engine-nya juga berpengaruh terhadap kecepatan koneksi internet.

Selanjutnya aktifkan software CMD.EXE yang berada di folder : C:WINDOWSSYSTEM32 pada DOS Prompt, ketik perintah: PING -T LOCALHOST biarkan status koneksi jaringan terus berjalan secara otomatis (untuk menghentikannya tekan CTRL C).

---------------------------------------

:: NOTE ::

Prosedur & perintah ini sangat berguna untuk me-REFRESH koneksi akses internet setiap saat, sehingga koneksi internet setiap saat dalam keadaan FRESH, sekarang browser mozilla siap untuk digunakan.


:: PENGALAMAN ::
  • Cara ini sangat efektif bila digunakan di warnet yang padat pengunjung. untuk menyedot bandwidth (mayoritas kecepatan akses internet), ke komputer yang sedang Anda pakai
  • Perubahan yang signifikan terjadi pada koneksi internet dengan BROADBAND/VSAT
  • Setting ini hanya berlaku dibawah sistem operasi windows & bersifat RELATIF
  • Perintah yang di cetak tebal diatas dapat dilakukan sesering mungkin untuk merefresh koneksi jaringan internet

::TAMBAHAN ::

Bila koneksi masih terasa lambat, minta bantuan om Google untuk mencari “RELATIME PROXY” yang support DDOS ATTACK dengan UPTIME SERVER diatas 90%. Jangan pakai REALTIME PROXY yang support HTTPS karena lebih lambat!

SELAMAT MENCOBA… SEMOGA BERHASIL!!!



Sumber :
http://blog-apa-aja.blogspot.com/2010/04/tips-jitu-mempercepat-download-akses.html

Hubungan Sistem Informasi dengan Ilmu Budaya Dasar

Add Comment


KETERKAITAN SISTEM INFORMASI DENGAN ILMU BUDAYA DASAR

Pengaksesan informasi secara online sangat bermanfaat bagi IPTEK. Dalam IPTEK internet menjadi kebutuhan sehari-harinya. Karena melalui internet maka orang bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang kita tidak ketahui menjadi tahu. 

Kemudian manfaat yang lainnya internet bagi IPTEK, yaitu mempelajari teknologi-teknologi yang berkembang saat ini. Dan juga bisa membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang tugasnya membuat laporan-laporan lainnya. Seperti laporan makalah ekonomi, biologi, kimia, fisika, dan lain-lain. 

Kalau kita hanya berpatokan dengan buku saja maka kita akan mengalami kerepotan dalam mencarinya. Bukan hanya makalah, laporan penelitian juga bisa seperti jurnal yang hanya bisa didapatkan di internet.

Tiap sekolah di Indonesia, pemerintah sudah memasang komputer dengan internet. Agar siswa siswa indonesia tidak menjadi bodoh dalam menggunakan komputer dan internet. Internet mempunyai sisi negative. Harganya yang mahal dan terkadang akses internet disalah gunakan. 

Para pelajar SLTP, SLTA maupun SD sebagian besar menggunakan internet untuk bermain game dan chatting, karena game dan chatting bisa membawa efek kecanduan. Memang diantara mereka juga menggunakan internet untuk sarana mencari pengetahuan, namun yang melakukan hal itu jumlahnya tidaklah banyak.

Globalisasi pada hakikatnya ternyata telah membawa nuansa budaya dan nilai yang mempengaruhi selera dan gaya hidup masyarakat. Melalui media yang kian terbuka dan terjangkau, masyarakat menerima berbagai informasi tentang peradaban baru yang datang dari seluruh penjuru dunia. 

Begitulah, misalnya, banjir informasi dan budaya baru yang dibawa media tak jarang teramat asing dari sikap hidup dan norma yang berlaku. Terutama masalah pornografi, dimana sekarang wanita-wanita Indonesia sangat terpengaruh oleh trend mode dari Amerika dan Eropa yang dalam berbusana cenderung minim, kemudian ditiru habis-habisan. 

Sehingga kalau kita berjalan-jalan di mal atau tempat publik sangat mudah menemui wanita Indonesia yang berpakaian serba minim mengumbar aurat. Di mana budaya itu sangat bertentangan dengan norma yang ada di Indonesia. Belum lagi maraknya kehidupan free sex di kalangan remaja masa kini.

Pengaruh informasi terhadap budaya ini memang menyebabkan pengaruh yang paling parah. Kalau di negara Indonesia ini hampir semua masyarakatnya telah mengikuti budaya yang seperti di Amerika dan Eropa, pasti akan ada perpecahan dari dalam negeri ini, akan ada pertentangan yang mungkin akan berdampak buruk bila orang yang mengikuti gaya Eropa dan Amerika itu melawan. 

Karena kalau mereka melawan, mereka akan berfikir negara Indonesia ini seperti negara luar yang bebas. Jadi mereka akan melakukan tindakan yang bebas sesuka hati mereka untuk mempertahankan gaya yang ditiru oleh mereka.



Sumber :
http://djuriatun.blogspot.com/2011/03/hubungan-sistem-informasi-dengan-ilmu.html

Macam Kebudayaan Indonesia dan Negara Lain

Add Comment


Indonesia mempunyai banyak sekali kebudayaan, beranekaragam suku yang terpencar di negara kita ini mempunyai kebudayaan yang berbeda satu sama lain yang terwujud diantaranya seperti berikut:

Rumah Adat

Rumah Gadang (Sumatera Barat), Rumah Limas (Sumatera Selatan), Joglo (Jawa), dll.

Tarian

Kuda Lumping (Jawa), Kecak (Bali), Saman (Aceh), Yapong (Betawi), Tortor (Batak), dll.

Lagu

Kicir-kicir (Jakarta), Apuse (Papua), Butet (Sumatera Utara), Es Lilin (Jawa Barat), dll.

Alat Musik

Gamelan (Jawa), Tanjidor (Betawi), Tarling (Jawa Barat), dll.

Pakaian

Batik (Jawa), Ulos (Sumatera Utara), Songket (Sumatera Selatan), Tenun Ikat (NTT), dll.

Sedangkan macam-macam nilai kebudayaan barat cenderung berbalik dengan kebudayaan timur. Kebudayaan barat menekankan dunia objektif dibandingkan perasaan sehingga pola pemikirannya menghasilkan sains dan teknologi. Sehingga dapat dikategorikan sebagai berikut:

NILAI BUDAYA BARAT DAN MARTABAT MANUSIA

Budaya barat menganggap manusia adalah ukuran untuk segalanya. Maksudnya, manusia mempunyai kemampuan untuk menyempurnakan hidupnya sendiri berdasarkan akal, intelektual dan pengalaman. 

Di barat kepuasan diperoleh melalui usaha-usaha atau perhatian terhadap benda, kenikmatan, dan keselarasan di dunia. Usaha-usaha itu dengan sendirinya dapat menimbulkan kondisi kehidupan yang penuh dengan persaingan bahkan dapat menimbulkan kekacauan.

NILAI BUDAYA BARAT DAN KEBEBASAN

Semua budaya timur menganggap budaya barat penuh dengan kebebasan. Segala sesuatunya mungkin terjadi. Spontanitas lebih dihargai dan individu bebas dari tekanan dan campur tangan orang lain. 

Akhirnya, kebebasan itu diwujudkan kedalam berbagai bidang kehidupan sosial, politik, macam-macam kebudayaan, dan ekonomi. Namun kebebasan ini ternyata menyebabkan orang lain tidak bebas lagi. Sebagai akibat dari kebebasan itu pulalah nilai-nilai umum dan nilai kebersamaan semakin pudar.

NILAI BUDAYA BARAT DAN TEKNOLOGI

Harus diakui kemajuan teknologi budaya barat sangat berkembang pesat dari pada budaya timur. Hasil teknologi barat melebihi kebutuhan manusia bahkan mengganggu kepentingan manusia karena terlalu cepat sampai kedepan. Teknologi yang mereka ciptakan adalah salah satu macam-macam teknologi yang ada di budaya barat.



Sumber:
http://akmalozan-gundar.blogspot.com/2010/04/macam-macam-kebudayaan-indonesia.html
http://rickykusnandar.blogspot.com/2012/03/macam-macam-kebudayaan-asing-2.html

Pengertian Kebudayaan

Add Comment


DEFINISI

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. 

Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Beberapa alasan mengapa orang mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain terlihat dalam definisi budaya: Budaya adalah suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri. 

”Citra yang memaksa” itu mengambil bentuk-bentuk berbeda dalam berbagai budaya seperti “individualisme kasar” di Amerika, “keselarasan individu dengan alam” di Jepang dan “kepatuhan kolektif” di Cina. Citra budaya yang bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka.

Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

PENGERTIAN

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. 

Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.



Sumber :
wikipedia.org

Pengertian dan Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Add Comment


PENGERTIAN

Secara umum, pengertian dari Ilmu Budaya Dasar adalah suatu pengetahuan yang menelaah masalah-masalah budaya, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat-masyarakat sekitar kita dengan menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu pengetahuan sosial.

Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga:

  1. Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
  2. Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
  3. Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain. Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut di atas, maka Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.

TUJUAN

Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Budaya Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar dapat:
  • Memahami dan mempelajari masalah budaya yang ada dalam masyarakat.
  • Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  • Mempelajari keanekaragaman budaya di Indonesia.
  • Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat. 
Banyak berbagai definisi tentang kebudayaan yang telah di paparkan oleh para ahli. Dari berbagai definisi dapat diperoleh kesimpulan mengenai pengertian kebudayaan yaitu sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak



Sumber :
http://tyomulyawan.wordpress.com/pengertian-dan-tujuan-ilmu-sosial-dasar/
http://arieswahyu89.blogspot.com/2012/01/tugas-ilmu-budaya-1.html

Tugas 1 Ilmu Budaya Dasar

Add Comment


JELASKAN PENGERTIAN DAN TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR!

Pengertian Ilmu Budaya Dasar adalah suatu pengetahuan yang menelaah masalah-masalah budaya, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat-masyarakat sekitar kita dengan menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu pengetahuan sosial.

Tujuan dari Ilmu Budaya Dasar:
  • Memahami dan mempelajari masalah budaya yang ada dalam masyarakat.
  • Peka terhadap masalah sosial dan ikut serta dalam usaha menanggulanginya.
  • Mempelajari keanekaragaman budaya di Indonesia.
  • Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lainya dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang ada dalam masyarakat.

APA PENGERTIAN DARI KEBUDAYAAN?

Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

SEBUTKAN MACAM-MACAM KEBUDAYAAN, BAIK KEBUDAYAAN INDONESIA MAUPUN ASING!

Indonesia mempunyai banyak kebudayaan, yang terwujud diantaranya adalah seperti berikut:
  • Rumah Adat: Rumah Gadang (Sumatera Barat), Rumah Limas (Sumatera Selatan), Joglo (Jawa), dll.
  • Tarian: Kuda Lumping (Jawa), Kecak (Bali), Saman (Aceh), Yapong (Betawi), Tortor (Batak), dll.
  • Lagu: Kicir-kicir (Jakarta), Apuse (Papua), Butet (Sumatera Utara), Es Lilin (Jawa Barat), dll.
  • Alat Musik: Gamelan (Jawa), Tanjidor (Betawi), Tarling (Jawa Barat), dll.
  • Pakaian: Batik (Jawa), Ulos (Sumatera Utara), Songket (Sumatera Selatan), Tenun Ikat (NTT), dll.
Sedangkan macam-macam nilai kebudayaan barat cenderung berbalik dengan kebudayaan timur. Kebudayaan barat menekankan dunia objektif dibandingkan perasaan sehingga pola pemikirannya menghasilkan sains dan teknologi. Sehingga dapat dikategorikan sebagai berikut:

Nilai Budaya Barat dan Martabat Manusia

Budaya barat menganggap manusia adalah ukuran untuk segalanya. Maksudnya, manusia mempunyai kemampuan untuk menyempurnakan hidupnya sendiri berdasarkan akal, intelektual dan pengalaman. 

Di barat kepuasan diperoleh melalui usaha-usaha atau perhatian terhadap benda, kenikmatan, dan keselarasan di dunia. Usaha-usaha itu dengan sendirinya dapat menimbulkan kondisi kehidupan yang penuh dengan persaingan bahkan dapat menimbulkan kekacauan.

Nilai Budaya Barat dan Kebebasan

Semua budaya timur menganggap budaya barat penuh dengan kebebasan. Segala sesuatunya mungkin terjadi. Spontanitas lebih dihargai dan individu bebas dari tekanan dan campur tangan orang lain. 

Akhirnya, kebebasan itu diwujudkan kedalam berbagai bidang kehidupan sosial, politik, macam-macam kebudayaan, dan ekonomi. Namun kebebasan ini ternyata menyebabkan orang lain tidak bebas lagi. Sebagai akibat dari kebebasan itu pulalah nilai-nilai umum dan nilai kebersamaan semakin pudar.

Nilai Budaya Barat dan Teknologi

Harus di akui kemajuan teknologi budaya barat sangan berkembang pesat dari pada budaya timur. Hasil teknologi barat melebihi kebutuhan manusia bahkan mengganggu kepentingan manusia karena terlalu cepat sampai kedepan. Teknologi yang mereka ciptakan adalah salah satu macam-macam teknologi yang ada di budaya barat.

JELASKAN HUBUNGAN ILMU SOSIAL DASAR DENGAN JURUSAN SISTEM INFORMASI!

Keterkaitan Sistem Informasi dengan Ilmu Budaya Dasar

Tiap sekolah di Indonesia, pemerintah sudah memasang komputer dengan internet. Agar siswa siswa indonesia tidak menjadi bodoh dalam menggunakan komputer dan internet. Internet mempunyai sisi negatif. 

Harganya yang mahal dan terkadang akses internet disalah gunakan. Para pelajar SLTP, SLTA maupun SD sebagian besar menggunakan internet untuk bermain game dan chatting, karena game dan chatting bisa membawa efek kecanduan. Memang diantara mereka juga menggunakan internet untuk sarana mencari pengetahuan, namun yang melakukan hal itu jumlahnya tidaklah banyak.

Globalisasi pada hakikatnya ternyata telah membawa nuansa budaya dan nilai yang mempengaruhi selera dan gaya hidup masyarakat. Melalui media yang kian terbuka dan terjangkau, masyarakat menerima berbagai informasi tentang peradaban baru yang datang dari seluruh penjuru dunia. 

Begitulah, misalnya, banjir informasi dan budaya baru yang dibawa media tak jarang teramat asing dari sikap hidup dan norma yang berlaku. Terutama masalah pornografi, dimanasekarang wanita-wanita Indonesia sangat terpengaruh oleh trend mode dari Amerika dan Eropa yang dalam berbusana cenderung minim, kemudian ditiru habis-habisan. 

Sehingga kalau kita berjalan-jalan di mal atau tempat publik sangat mudah menemui wanita Indonesia yang berpakaian serba minim mengumbar aurat. Di mana budaya itu sangat bertentangan dengan norma yang ada di Indonesia. Belum lagi maraknya kehidupan free sex di kalangan remaja masa kini.

Pengaruh informasi terhadap budaya ini memang menyebabkan pengaruh yang paling parah. Kalau di negara Indonesia ini hampir semua masyarakatnya telah mengikuti budaya yang seperti di Amerika dan Eropa, pasti akan ada perpecahan dari dalam negeri ini, akan ada pertentangan yang mungkin akan berdampak buruk bila orang yang mengikuti gaya Eropa dan Amerika itu melawan. 

Karena kalau mereka melawan, mereka akan berfikir negara Indonesia ini seperti negara luar yang bebas. Jadi mereka akan melakukan tindakan yang bebas sesuka hati mereka untuk mempertahankan gaya yang ditiru oleh mereka.



Sumber :
http://tyomulyawan.wordpress.com/pengertian-dan-tujuan-ilmu-sosial-dasar/
http://duniabaca.com/definisi-budaya-pengertian-kebudayaan.html#pengertian
http://akmalozan-gundar.blogspot.com/2010/04/macam-macam-kebudayaan-indonesia.html
http://rickykusnandar.blogspot.com/2012/03/macam-macam-kebudayaan-asing-2.html
http://djuriatun.blogspot.com/2011/03/hubungan-sistem-informasi-dengan-ilmu.html

Bedanya Film India, Cina, Jepang dan Indonesia

Add Comment


Film India

  1. Seorang pria tidak akan merasa sakit saat melakukan perkelahian sengit namun akan mengaduh sakit saat seorang wanita berusaha membersihkan lukanya.
  2. Tokoh jagoannya tak pernah jatuh cinta pada jagoan wanita kecuali sebelumnya mereka menari-nari di bawah hujan.
  3. Sekali dipakai make-up-nya tidak pernah luntur, saat hujan ataupun saat lainnya.
  4. Dua orang kekasih bisa menari-nari ditengah lapang, dan entah dari mana 100 orang lainnya akan muncul dari antah berantah dan bergabung menari bersama mereka. (penari latar Michael Jackson aja kalah banyak)
  5. Pada babak akhir, sang jagoan akan menemukan bahwa tokoh jahat yang dilawannya sebenarnya adalah saudara kandungnya, wanita tua yang mencarinya adalah ibunya, dan kepala inspektur adalah ayahnya serta sang hakim adalah pamannya dan seterusnya.
  6. Kata-kata Inggris yang biasanya muncul adalah (biasanya diucapkan keras-keras di antara kalimat) No Problem!, My God!, Get Out!, Shut-up!, Impossible!, Please forgive me!
  7. Mereka berguling-guling dan berputar-putar sambil bernyanyi dan muncul lagi dengan pakaian berbeda.
  8. Mereka bisa berlari mengelilingi pohon kelapa, bernyanyi, saling memandang dan memalingkan muka menggoda dan berganti pakaian pada waktu yang sama tanpa menarik nafas...
  9. Jagoan gak boleh liat pohon dan tiang listrik, pasti joget dulu muter-muter dan tiba-tiba wanitanya muncul, gak heran film India minimal pasti 3 jam. Bisa lebih gak rugi sih.
  10. Air mata sang jagoan dan si wanita gampang mengucur bak keran air, tapi cepat juga kering dan langsung joget.



Film Kungfu China

  1. Menjadi orangtua sang jagoan selalu bernasib sial dan biasanya selalu dibunuh oleh musuh saat si jagoan masih muda, dan is jagoan akan jadi yatim piatu terus belajar ilmu silat dan balas dendam, dstnya.
  2. Ketika seseorang terluka berat dan sekarat, ia selalu berhasil bertahan hidup dan mengucapkan beberapa kalimat untuk mengungkapkan is pembunuh sebelum kepalanya terkulai dan menyatakan dirinya telah benar-benar mati.
  3. Orang-orang yang mahir kungfu mampu terbang ke atas atap, ke atas pohon dan menempuh jarak jauh tanpa berkeringat. Namun saat berjalan ke kota dan desa-desa mereka tetap harus berjalan kaki atau menunggang kuda.
  4. Sang jagoan tak perlu bekerja untuk mendapatkan uang, namun selalu memiliki uang emas dan perak untuk membayar makanan mereka. (Minta jatah preman kali ye...)
  5. Sang jagoan dan sang penjahat akan saling bertemu walaupun negara mereka sangat luas dan tak peduli di manapun mereka berada. (padahal belom ada HP)
  6. Menyembuhkan luka dalam di tubuh cukup dengan duduk bersilang kaki, telapak tangan di lutut dan asap keluar dari kepala.
  7. Mereka bisa menyimpan banyak barang di baju lengan panjang mereka dan tak pernah menjatuhkannya. Terutama sedemikian banyak logam-logam emas… dan botol-botol obat penyembuh berbagai racun.
  8. Jagoan pasti jago minum arak, apalagi sedang kesel/marah, sekali minum bisa berdrum-drum (5-10 drum) kayak Jacky Chan Pendekar Mabuk.
  9. Sebelum mati, sang guru bisa mentransfer tenaga dalam ke muridnya hanya dengan menempelkan telapak tangan ke pundak si murid begitu gampang dan cepat bahkan mengalahkan kecepatan USB cable, infra red dan bluetooth jaman sekarang.
  10. Hebatnya kalo wanita mengenakan kostum pria, dan suaranya suara wanita, namun orang-orang bahkan pendekar pria tidak sadar bahwa itu seorang wanita, harus melalui proses tak sengaja, seperti menyentuh dada si wanita baru pendekarnya sadar. Cape deh..!



Film Superhero Jepang

  1. Biasanya kalo jagoannya mau berubah wujud, si musuh nunggu dulu sampe si jagoan bener-bener berubah wujud secara sempurna -kayak pesawat mau mendarat aja, sampe sempurna- mungkin si musuh memang gentlemen, gak mau nyerang si jagoan yang tengah lagi berubah wujud.
  2. Kalo anak buah musuh suka nyerang jagoan secara gerombolan alias maen keroyokan, tapi anehnya selalu kalah, padahal jumlah mereka bisa satu kompi atau lebih. Dan lucunya lagi kalo berkelahi, si pengeroyok gak suka nyerang dari belakang jagoan, ya itu tadi biar gentle kali yah!
  3. Biasanya si musuh ternyata sodara kandung si jagoan, dan itu baru ketauan saat akhir episode -telenovela banget yah hehehe-
  4. Kalo lagi berantem, si musuh udah ngeluarin semua senjatanya, dan si jagoan tetap selamat, paling-paling jatuh doang tapi bangkit lagi, tapi giliran si jagoan ngeluarin satu (catet: satu) senjata, si musuh langsung terkapar!
  5. Lokasi berantemnya dipilih di tempat yang terbuka kayak di lapangan, di pelabuhan, di padang rumput, padahal saat ketemu musuhnya pertama kali, si jagoan lagi bukan berada di lokasi tersebut !
  6. Kalo jagoannya berkelompok, kayak Gogle V, Voltus, Megaloman, ceweknya mesti hanya satu personel, sisanya cowok semua. Gak pernah denger ada cewek semua, atau ceweknya empat, cowoknya satu, mungkin ntar kasian cowoknya kali ya jadi andalan terus hehehe
  7. Si musuh suka nyerang penduduk lokal secara tiba-tiba, baru lah si jagoan muncul, kenapa gak jagoan dulu yang muncul baru musuh nyerang?
  8. Bila jagoannya berupa raksasa, tiap berantem dengan musuhnya yang raksasa juga, selalu merusak bangunan-bangunan yang ada, tapi anehnya gak ada yang komplain, penduduknya adem ayem aja...
  9. Biasanya kalo ada anggota keluarga jagoan yang mati karena perbuatan musuh, jagoan akan membalas dendam, gak pake lapor-lapor ke pihak berwajib hehehe
  10. Biasanya kalo jagoannya berkelompok, ada satu anak kecil, umumnya sih adik kandung dari si anggota kelompok jagoan itu.



Sinetron Indonesia

  1. Umumnya kalo yang kaya punya anak cewek tunggal, atau sepasang anak cewek-cowok, jarang ditampilkan punya anak sampe tiga ke atas, apalagi tujuh anak!
  2. Ortu yang orang kaya ini umumnya suka jodoh-jodohin anaknya ke orang lain yang berasal dari keluarga kaya juga.
  3. Saat makan malam/pagi, biasanya bersama istrinya, anaknya, menggunakan sendok-garpu, lauknya berlimpah, buah-buahan yang komplit, beserta es jeruk.
  4. Yang jadi orang jahat, biasanya orang yang matanya suka melotot, dan ketawa yang menyeramkan.
  5. Kalo mau ngekiss pacar atau istri, paling-paling cuman kening doang, mau cium bibir, takut kena protes MUI.
  6. Kalo cewek yang jalan sendirian pasti digoda penjahat bergerombol yang suka ketawa keras.
  7. Polisi yang ditampilkan umumnya berpangkat ipda (garis satu) sampe kapten (garis tiga), gak pernah sampe pangkat jenderal.
  8. Kendaraan yang dipake si kaya biasanya kalo gak Mercy, BMW, atau Audi.
  9. Kalo sinetron silat, si cewek suka pake kemben, dan tiap berkelahi pasti pake loncat-loncat setinggi pohon gitu deh dan ada asap-asapnya gitu, padahal gak ada motor disitu.
  10. Kalo sinetron anak sekolahan, umumnya si murid suka berpakaian seenaknya, bajunya suka gak dimasukin, ada yang gondrong, ada yang pake rok diatas lutut, pake lipstik, semakin dia tokoh utama, semakin gak tertib pakaian sekolahnya.
  11. Yang jadi ibu guru, umumnya memakai kacamata, agak gemuk, dan suka galak. (jadi inget jaman sekolah dulu)
  12. Pasti ada adegan di diskotik, entah itu sinetron remaja, entah itu sinetron horor, sampe sinetron religi.
  13. Kadang dalam cerita asmara, suka diselipin adegan hantu.
  14. Kalo adegan tabrakan, umumnya mobil yang melaju tiba-tiba berhenti mendadak, tau-tau si korban dah terkapar dengan kepala berdarah, tapi kita gak liat tabrakannya gimana. Entah kenapa semua sinetron punya adegan ketabrak, seakan-akan menggambarkan kenyataan orang indo yang banyak nembak SIM-nya.
  15. Motor yang suka dipake biasanya motor gede kayak Harley, dan kadang-kadang ada yang gak pake helm standar, mana nih pak polantasnya?
  16. Pembantu umumnya suka gantungin handuk kecil di bahu, dan duduk di lantai tiap ngobrol sama majikan yang duduk di sofa.
  17. Kalo ada adegan lagi telponan, pasti penontonnya mendengar suara si penelpon.
  18. Yang jadi dokter, umumnya cowok yang masih muda, berpakaian putih dan berkacamata.
  19. Makin sering ada adegan menampar, entah itu ortu menampar anaknya, cowok menampar pacarnya, cewe menampar cowoknya, majikan menampar pembantunya dan lain-lain.
  20. Ustadnya biasanya orang tua yang bisa berkelahi kalo menghadapi setan atau orang jahat.
  21. Disalah satu channel swasta indonesia, punya sinetron dimana suaranya di dubbing, sinetronnya semi dangdut india, terus tokoh utama cowoknya selalu bisa beladiri, dengan sound effect seperti di game Fighting.
  22. Biasanya, dibubuhi adegan mesum juga.



Sumber :
http://bloguniklucu.blogspot.com/2012/02/perbedaan-film-india-jepang-cina-dan.html

6 Aplikasi Android Terbaik versi Guggling.Com

Add Comment


Meski Android belum menjadi raja gadget di tahun 2011, tapi sepak terjangnya begitu dinantikan banyak orang. Bahkan pengguna Android sudah melampaui pengguna handphone pabrikan besar lainnya, seperti misalnya Nokia.

Kesuksesan itu tak lepas dari banyaknya aplikasi yang disediakan Android. Berikut 6 aplikasi terbaik Android yang laris di-download di tahun 2011 ini.

Whatsapp

Aplikasi chatting ini merupakan aplikasi yang membuat pengguna BlackBerry merasa iri. Jika pada BlackBerry pengguna harus memiliki PIN dan mendapatkan approve sebelum bisa ber-chat ria, hanya pada perangkat khusus BB, maka tidak demikian dengan Android.

Aplikasi ini akan mendeteksi nomor ponsel yang menggunakan perangkat berbasis sistem operasi Android. Jika sama-sama menggunakan Android, maka kamu langsung bisa chatting-an dengan temanmu. Keuntungannya jelas, kebebasan ber-chat-ria bisa lebih maksimal karena semua perangkat yang menggunakan OS Android bisa menggunakan aplikasi ini.

Sayangnya, group chat yang disediakan hanya bisa menampung 10 orang saja. Aplikasi ini free di tahun pertama pemakaian dan kamu harus merogoh kocek $2 per tahunnya jika ingin melanjutkan aplikasi ini. US$2 pertahun, murah banget kan?

Mixzing

Mixzing akan mendeteksi file musik yang terdapat pada perangkat Android-mu saat pertama kali diaktifkan. Aplikasi ini mempunyai keunggulan yakni dalam mendeteksi file lagu cukup akurat. Selain itu, Mixzing juga akan men-download album art dari lagu yang sedang dimainkan secara otomatis.

Mixzing akan menampilkan lagu yang bisa diatur sesuai keinginan, apakah itu bersdasarkan artisnya atau yang lain. Yang keren dari aplikasi ini ialah kemampuannya untuk menampilkan informasi terkait lagu yang sedang diputar. Yakni biografi penyanyinya, lirik dan video yang sesuai.

New York Times

Tampilan yang bagus, mudah digunakan dan berita yang terpercaya menjadi nilai tambah dari aplikasi ini. New York Times juga bisa digunakan dalam dampilan lanskap atau tegak. Ukuran hurufnya kekecilan, tenang saja karena kamu juga bisa mengatur font-nya.

Aplikasi ini akan mengunduh konten saat ada koneksi internet dan menyimpannya. Sehingga aplikasi ini memungkinkan kita untuk membaca berita meski sedang offline (tidak ada koneksi). Sayangnya berita lokal tak disediakan dalam New York Times for Android ini.

ThinkFree Office

Aplikasi ini sejatinya mirip dengan QuickOffice. Tapi ada satu hal yang membuat ThinkFree keluar sebagai pemenang, yakni pada ketersediaan pada perangkat Android yang beredar di Indonesia. Ya, di pasar Indonesia, aplikasi ini sudah dibenamkan secara default.

Dalam mengakses menu-menu pengolahan dokumen, ThinkFree Office tak sebaik QuickOffice. Tapi jika kita gunakan untuk me-render chart dari spreadsheet dan file berformat PDF, maka ThinkFree Office juaranya.

ZDBox

Aplikasi ini sangat berguna untuk merawat dan menganalisa perangkat Android-mu. Dalam satu aplikasi ini terdapat beberapa tool penting seperti:
  • Do Not Disturb: kalo tak ingin diganggu pada waktu-waktu tertentu, gunakan aplikasi ini untuk mengatur mode airplane atau silent.
  • Task Killer: Android lemot? Gunakan aplikasi ini untuk menghentikan aplikasi tak terpakai yang sedang berjalan.
  • Cache Cleaner: menghapus dan membersihkan cache ponsel dengan cepat.
  • Mobile Traffic: sedang berlangganan paket internet yang ada batas kuotanya? Cek berapa bandwith yang sudah kamu pakai disini.
  • Battery Info: prediksi berapa lama baterai dapat bertahan. Meski kadang tak akurat, alat ini tetap berguna.
  • App Lock: mengatur aplikasi dengan password agar tak bisa dibuka oleh orang lain yang sengaja mengutak-atik Android-mu.
  • Uninstaller: bersihkan aplikasi yang sedang tak digunakan dengan tool Uninstaller.
  • App to SD: tool ini berguna untuk memindahkan aplikasi yang tersimpan di memori perangkat ke kartu SD yang terpasang.

Camera360

Aplikasi yang satu ini sangat diminati banyak pecinta Android yang gemar memotret apapun, dimanapun dan kapanpun. Camera360 memungkinkan hasil jepretan kamu dihiasi dengan efek spesial. Beragam efek tersebut ialah Retro Effect, Dreamlike Effect, LOMO, Back to 1839, HDR dan Art of Black and White. Konon katanya sih efek HDR pada aplikasi ini ngalah-ngalahin iPhone loh.

Bagi yang tak suka mode otomatis, kamu bisa mengaktifkan mode full manual yang artinya kamu bisa mengatur fokus secara manual. Aplikasi ini juga sudah memiliki fitur yang bisa digunakan untuk sharing foto via Facebook dan Twitter.


Bonus:

MoboPlayer

Aplikasi pemutar video ini memiliki fitur yang bisa memainkan banyak format video tanpa harus men-convert terlebih dahulu. Format subtitle seperti format ASS, SRT, SSA, MKV, MOV dan MPV juga sudah disediakan dalam aplikasi ini. Selain itu, MoboPlayer juga bisa digunakan untuk melihat video via RTSP atau protokol HTTP.

Di antara 6 aplikasi Android terbaik 2011 di atas, mana yang sudah kamu cobain? Ato mungkin belum semua? Buruan diinstal deh, gak rugi kok pake Android.



Sumber :
http://gugling.com/2011/12/26/6-aplikasi-terbaik-android-2011/

Lihat Jadwal Transportasi Jakarta di Android dengan Komutta

Add Comment
Menjelajah Jakarta dengan angkutan umum adalah hal yang sangat memusingkan terutama bagi para pendatang atau wisatawan. Begitu juga dengan saya yang hanya sehari atau dua hari di Jakarta hanya untuk suatu keperluan, dari dulu kalau ke Jakarta taunya stasiun Senen atau Jatinegara atau kalau naik bis terminal Pulo Gadung atau Kampung Rambutan. 

Nah pas mau menuju alamat tertentu, baru bingung deh mau naik apa? Taxi? takut kejauhan, Bus? takut salah jalur, Ok naik TransJakarta, tapi gak tau rutenya? Nah kalau kamu sering ngalamin seperti ini, install deh program Komutta.

Komutta adalah aplikasi berbasis android yang fungsinya menjadi “Penunjuk” transportasi saat anda di Jakarta. Aplikasi ini mempunyai 4 fitur utama yaitu Bus TransJakarta, KRL, Bus umum, dan Taxi.



Pada menu TransJakarta, Anda bisa menentukan titik awal halte dan tujuan akhirnya, Anda akan diberi petunjuk jalurnya serta petanya, termasuk kalau Anda harus pindah koridor bus.

Pada menu Train schedule, Anda bisa memilih tempat keberangkatan Anda dan tujuan Anda. Ingat! Train schedule ini bersifat lokal yaitu khusus kereta Jakarta dan sekitarnya, bukan kereta menuju kota lain seperti Semarang atau Yogyakarta.

Menu Call Taxi hanya berisi daftar perusahaan jasa taxi dan nomor teleponnya saja.

Menu terakhir, menu Bus berisi jalur trayek bis-bis di Jakarta. Dari bis Ac, bis biasa, mini bis sampai angkot. Sangat lengkap. Yang menarik, aplikasi ini bersifat offline. Namun jika anda ingin melihat rute perjalanan dari trayek alat transportasi tadi anda harus terkoneksi internet.



Sangat saya rekomendasikan untuk meng-install aplikasi ini, jika Anda ingin muter-muter Jakarta.



Sumber :
http://www.candra.web.id/2011/12/10/komutta-guide-anda-di-jakarta/
http://www.rootdiesomec.com/2011/10/14/lihat-jadwal-transportasi-di-jakarta-dengan-komutta/

Cara Menghemat Pulsa di Android

1 Comment


Berikut ini adalah pengalaman dari SYAHURI.COM:

Benarkah hp Android boros pulsa? Menyesalkah kita membeli hp Android ketika di hari pertama kita menggunakannya saja sudah menyedot puluhan bahkan ratusan ribu rupiah pulsa kita? Atau mungkin ada trik yang bisa kita gunakan untuk menghindari ‘penyedotan pulsa’ si robot ijo?

Di hari pertama kita menggunakan hp Android, kita tentunya senang dan terkagum-kagum dengan kemampuan hp tersebut. Bahkan mungkin kita juga sudah tidak sabar ingin segera menikmati berbagai fitur dan ribuan aplikasi yang disediakan untuk hp Android. 

Hanya saja, kita juga harus menerima kenyataan bahwa Android merupakan hp yang membutuhkan koneksi internet 24 jam. Android tanpa internet hanya akan membuat Android tersebut seakan kehilangan identitasnya, hehehe... Tapi, bukan berarti kita harus rela Android kita menyedot pulsa kita seenaknya.

Sebagai pengguna Android, saya beberapa kali di telepon temen yang baru menjadi korban saya dan mengeluh tentang Android. Hah? korban? hahaha... Maksudnya, ada beberapa teman saya yang terpengaruh oleh saya karena tergiur dengan Android dan malah terjerumus ikut membeli hp Android. 

Alhasil, di hari pertama mereka (dan saya juga) menggunakan Android, selain kagum dengan fiturnya, mereka juga mengeluh tentang dua hal: yang pertama baterai, dan yang kedua pulsa.

Nah, di tulisan saya kali ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman cara menghemat pulsa pada hp Android. Bukan cuma ‘korban’ saya, saya juga termasuk orang yang mengeluh dengan borosnya pulsa Android. Namun setelah belajar dari berbagai pengalaman, kita bisa “menyelamatkan” pulsa kita dari sedotan hp Android.

Cara Hemat Pulsa Android

Ada beberapa trik yang bisa kita lakukan agar hp Android kita bisa hemat pulsa:
  1. Beli paket internet unlimited. Nah kalo ini tergantung dari operator seluler masing-masing. Silakan tanyakan di call center operator seluler Anda tentang paket internet yang mereka sediakan. Atau Anda juga bisa kunjungi website mereka untuk mencari informasi terkait.

  2. Matikan fitur mobile data. Di hp Android, kita bisa dengan bebas menonaktifkan atau mengaktifkan fitur mobile data seperti 3G/GPRS/HSDPA dsb.

    Caranya pun cukup mudah. Cukup masuk ke Setting > Wireless & Network > Mobile Networks > hilangkan centang pada Data enable. Untuk opsi tambahan, coba turunkan scroll ke bawah, anda akan melihat pilihan “use only 2G networks“. Jika anda mengaktifkannya, artinya yang hidup hanya sinyal 2G saja (HSDPA, GPRS, EDGE), alias 3G tidak hidup.

  3. Padamkan sinkronisasi otomatis. Bukan Android namanya kalo ketika pertama kali hp anda dihidupkan, dia tidak meminta data login Google Account anda, terutama Gmail.

    Untuk menjaga agar kita selalu mendapat update dari Gmail di device Android kita, Google secara default mengaktifkan fitur sinkronisasi otomatis. Artinya, dengan frekuensi waktu tertentu, Android akan melakukan sinkronisasi otomatis ke akun Google kita. Dan ini akan menyedot pulsa.

    Terlebih lagi jika kita sudah menambahkan akun-akun lain untuk disinkron, seperti Twitter, Facebook, dan lain-lain. Maka penyedotan pulsa pun akan berjalan dengan amat derasnya :p. Cara memadamkannya adalah dengan masuk ke Setting > Accounts & Sync > jangan centang Auto-sync.

  4. Waspadai aplikasi online. Terkadang ada game atau aplikasi yang kita instal membutuhkan koneksi internet. Misalnya seperti aplikasi Google Maps, Twitter, Facebook, dan lain-lain.

    Perhatikan dibagian setting aplikasi tersebut. Apabila ada pilihan untuk mematikan fitur notifikasi otomatis, maka pergunakanlah sebaik mungkin. Misalnya pada aplikasi Twitter for Android; ada pilihan pengaturan interval waktu untuk notifikasi ada twit atau mention baru.

    Artinya selama interval waktu itu, aplikasi tersebut akan menggunakan internet untuk memeriksa notifikasi untuk kita, dan ini tentu menggunakan pulsa internet. So, pinter-pinter kita aja setting interval alert atau memadamkannya, okey…!

  5. Manfaatkan wi-fi. Jika Anda sedang berada di zona free wife, eh… maksud saya free wi-fi (hehe…), manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Padamkan mobile data (trik no. 2), dan aktifkan fitur wi-fi yang ada di device Android kita.

    Menggunakan wi-fi untuk keperluan auto-sync, download aplikasi di market, fesbukan, twitter-an, dan aktifitas internet lainnya tidak akan menyedot pulsa.
Lalu, bagaimana dengan Anda? adakah trik lain yang Anda gunakan untuk menghemat pulsa hp Android? Silakan tulis di komentar yaa...



Sumber :
http://www.syahuri.com/hp-android-boros-pulsa-inilah-cara-hemat-pulsa-android.html/

Cara Menghemat Baterai Android

Add Comment


Seperti halnya Blackberry, ataupun IPhone, dan gadget lainnya, semua dijalankan dengan sebuah baterai. Dimana jika baterai ini habis atau kosong, pasti tidak dapat dioperasikan atau dinyalakan. Salah satu sebab baterai menjadi cepat habis adalah banyaknya aplikasi yang terinstal atau sedang dijalankan. 

Sebenarnya banyak faktor lain kawan, jika Anda pengguna Android, Anda pasti menginginkan daya baterai yang tahan lama agar bisa dapat digunakan dalam waktu yang lama juga. Bagaimana akibatnya jika suatu saat Anda menggunakan ponsel, tetapi pada saat tersebut baterai Anda habis? Komunikasi dengan rekan, keluarga, atau sahabat pasti tidak bisa berlangsung. 

Untuk itu beberapa tips dan trik, sedikit akan saya ulas untuk Anda dengan mempraktekkan dengan menggunakan SE Live with Walkman (WT19i) Android saya.

  1. Matikan Live Wallpaper. Live wallpaper memang terlihat indah tapi akan sangat menguras baterai.
  2. Pilih wallpaper warna gelap/hitam. Warna hitam akan memerlukan arus energi yang lebih kecil daripada warna-warna terang.
  3. Pilih Theme Launcher warna gelap/hitam.
  4. Pilih tingkat pencahayaan display yang paling rendah.
  5. Gunakan sedikit mungkin Homescreen. Semakin banyak homescreen akan membebani prosesor dan RAM.
  6. Pakailah widget seminim mungkin (pilih yg dianggap paling penting). Semakin banyak widget akan semakin banyak aplikasi yang berjalan di background, sehingga akan banyak menghabiskan RAM yang ujung-ujungnya akan ke daya baterai juga.
  7. Non-aktifkan semua animasi.
  8. Gunakan layanan 2G (matikan 3G). Handphone akan selalu mencari jaringan secara terus menerus, jika kita sedang tidak berada pada jaringan yang baik handphone akan memakaikan energinya untuk selalu mencari jaringan. Seperti kita ketahui bahwasannya jaringan 3G di Indonesia masih sangat payah.
  9. Masih ada hubungannya dengan poin 8. Taruh handphone di tempat dimana sinyal dapat diterima dengan baik, jika kekuatan sinyal sangat rendah lebih baik posisikan pada flight mode.
  10. Usahakan gunakan aplikasi-aplikasi yang mempunyai background warna hitam. Contoh: chat --> trillian, browsing --> UC browser (night mode), Facebook --> Tweetdeck, sms --> hancentsms (dengan theme hitam), explorer --> astro/root explorer, dan lain-lain.
  11. Lebih selektif dalam menginstall aplikasi yang sekiranya akan berjalan di background.
  12. Non Aktifkan Auto sync pada aplikasi atau jauhkan interval waktu dalam sync. Mungkin yang biasanya pakai interval 15 menit di setting ulang menjadi 1 jam atau bahkan lebih lama lagi.
  13. Matikan GPS,WIFI dan bluetooth kalau tidak diperlukan.
  14. Matikan profil getar dan kecilkan suara dering. Getar dan besarnya volume dering jelas memerlukan energi yang cukup besar. Tapi bagaimana kalau kita membutuhkan getar pada saat-saat tertentu? Pada saat kerja di lapangan misalnya, tapi pada saat sedang di rumah tentu kita tidak memerlukan getar atau suara yang keras. Solusinya otomatiskan saja dengan menginstal Auto Switch Profile.
  15. Matikan koneksi data internet jika tidak diperlukan. Dengan cara menginstal APNDroid, atau Juice Defender (free di Play Store), tapi saya pribadi lebih menyarankan install Green Power Premium.

    Bagi yang benar-benar ingin menghemat baterainya! (coba cari di pasar malam), aplikasinya ringan tapi lengkap. Dengan aplikasi ini kita dapat mengatur berapa menit/jam sekali koneksi data terbuka dan berapa lama koneksi terbuka.

    Aplikasi ini mempunyai mode malam, sehingga pada malam yang telah kita atur waktunya aplikasi ini akan menonaktifkan semua layanan koneksi data. (Perhatian! Aplikasi ini menyebabkan kita tidak selalu terhubung internet sehingga layanan Push Email! Push Messegging, MMS akan berjalan tidak normal).

Sangat Tidak Disarankan!!

Selalu mematikan aplikasi yang berjalan di background dengan task killer atau Andvance Task Killer atau yang sejenisnya.

Alasan:
Sistem pada Android adalah sistem yang cerdas, dia tahu saat dimana dia membutuhkan RAM atau tidak, jika dia membutuhkan RAM maka secara otomatis dia akan menutup aplikasi yang memang sudah tidak diperlukan lagi. 

Menutup aplikasi dengan paksa (task killer) hanya akan membebani CPU dan RAM ketika aplikasi itu kembali dinyalakan. Ini malah akan membuat baterai cepat habis. Itulah yang mendasari mengapa tidak ada exit/close pada aplikasi Android kebanyakan.

Masih Diperdebatkan!!

CPU Throttling atau menurunkan Clock Speed pada Prosesor. biasanya dengan menginstal Set CPU (root).

Sampai saat ini penurunan clock speed prosesor masih diperdebatkan di forum-forum Android apakah memang efektif atau tidak, ada sebagian yang menganggap cara ini dapat menghemat baterai ada sebagian malah mengatakan aplikasi semacam ini tidak berguna dan malah membuat baterai semakin cepat habis.

Alasan yang mendukung:
  • Dengan menurunkan clock speed otomatis energi listik yg mengalir ke proci akan semakin kecil.
  • Terlebih lagi disaat kita tidak sedang membutuhkan proci besar, misalnya pada saat layar dalam keadaan mati atau pada saat tengah malam kita sedang tidur. Pada saat itu tentu kita jelas-jelas sedang tidak memakai telepon jadi buat apa clock speed sebesar 1 Ghz?
Alasan yang menolak:
  • Android adalah sebuah platform cerdas, dan semenjak kemunculan Enclair (2.1) Android mempunyai kemampuan me-manajemen proci, RAM, baterai dan lain-lain yang lebih baik. Pada saat HP tidak dipergunakan, Android secara otomatis akan menurunkan energinya ke proci.
  • Aplikasi Set CPU yang selalu terus menerus memantau arus ke proci dinilai malah akan memakan banyak baterai ujung-ujungnya bukan malah menghemat tapi akan semakin menjadi boros.
  • Buat apa kita membeli Android 1 Ghz yang mahal atau dual core namun pada ujung-ujungnya kita malah munurunkan kemampuannya.

Catatan:
Tips dan trik diatas mungkin ada beberapa yang akan sedikitnya mengganggu kenyamanan dalam memakai si Android, jadi alangkah baiknya kita juga mampu me-manajemen kebutuhan kita dalam memakai si Android ini.



Sumber :
http://rikaverrykurniawan.com/2011/11/23/cara-hemat-baterai-di-ponsel-android/
http://www.android-indonesia.com/