, kali ini saya akan sedikit mengulas tentang bagian-bagian atau komponen-komponen atau anatomi dari sepeda gunung.
Diharapkan dengan postingan ini kita dapat lebih mengetahui tentang anatomi sepeda gunung yang bertujuan agar suatu saat jika sepeda kita mengalami kerusakan, kita akan bisa memperbaikinya sendiri.
Atau mungkin jika ingin memodifikasi sepeda, kita dapat memilih komponen sepeda yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.
Handle Bar
Orang banyak menyebutnya dengan stang.
Handle bar adalah kendali dari sepeda, kontrol gigi transmisi, rem depan-belakang terdapat di
handle bar ini. Pilihlah
handle bar yang sesuai dengan kebutuhan dan postur badan anda agar nyaman digunakan.
Top Tube
Adalah bagian dari
frame/rangka sepeda bagian atas. Sesuaikanlah ukuran
frame dengan postur tubuh anda agar nyaman digunakan.
Down Tube
Termasuk bagian dari
frame/rangka sepeda, melitang dari
head set dan terhubung langsung dengan
top tube seat, stay dan Rumah BB
(Buttom Bracket).
Shifter
Grupsets (komponen) pemindah kontrol gigi tranmisi, berguna untuk menggerakan FD
(Front Derailleur) dan RD
(Rear Derailleur),
shifter yang telah beredar dipasaran saat ini telah mempunyai penggerak RD mencapai 9-10
speed, untuk
shifter FD biasanya hanya terdiri 2-3
speed.
Handgrip
Adalah pembungkus
handle bar (stang) berbahan terbuat dari karet/
tape.
Handgrip yang baik adalah
handgrip yang tidak terlalu tebal atau terlalu tipis karena sangat berpengaruh kenyamanan bersepeda. Aturlah
handgrip agar pas dengan ukuran stang dan tidak mudah berputar saat digunakan.
Brake Lever
Merupakan tuas Rem (depan-belakang) aturlah
brake lever sesuai dengan kenyamaan anda ketika bersepeda, usahakan jari tangan dapat meraih dengan mudah
lever (tuas).
Head Set
Termasuk bagian depan
frame yang didalamnya mempunyai
bearing dan komponen lainnya yang berfungsi untuk menghubungkan
fork (suspensi) depan dengan
stem dan
handle bar. Stem
Adalah bagian kendali sepeda kita, berfungsi untuk menghubungkan
handle bar, headset dan
fork (suspensi) depan.
Stem tersedia dalam beberapa ukuran untuk suspensi depan yang panjang
(long travel) bentuk
stem berbeda dengan
stem standar. Jika Anda merasa
stem Anda terlalu panjang, Anda bisa menggantinya dengan ukuran
stem yang pendek agar tidak terlalu membungkuk dalam bersepeda.
Sadle
Adalah tempat duduk pengendara, untuk sepeda sepeda gunung berukuran lebih tebal dibandingkan dengan
roadbike. Aturlah posisi
sadle supaya benar-benar lurus (horizontal), atur maju dan mundurnya
sadle usahakan tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan
handle bar. Posisi yang tidak tepat akan mengakibatkan tidak nyaman kitika bersepeda pada kasus serius mengakibatkan cidera pinggang.
Seat Post
Dudukan
sadle penghubung antara dengan
frame/rangka sepeda, posisi vertikal sesuaikan dengan kenyamanan anda. Tips: cobalah naik sepeda pada posisi berhenti, luruskan kaki Anda hingga benar-benar meraih pedal. Jika posisi kaki masih terlihat dan dirasa masih tidak lurus padahal posisi pedal sudah di bawah hal ini pertanda bahwa
seat post Anda kurang tinggi. Aturlah
seat post hingga benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.
Seat Stay
Merupakan bagian belakang
frame. Untuk sepeda gunung
dual suspension, seat stay biasanya berupa
swing arms (lengan ayun) terhubung dengan
frame menggunakan suspensi belakang.
Pedals
Merupakan komponen memutar
buttom bracket dan
crankset sehingga sepeda bisa bergerak (digerakan ketika kita mengayuh sepeda).
Crank Set
Adalah komponen lengan yang menghubungkan
pedals dengan
chain rings. Chain Ring
Komponen tranmisi gigi depan (biasanya terdiri dari 2 -3
chain rings). Berfungsi untuk menghubungkan rantai dengan
crankset. Chain
Rantai. Merupakan komponen yang sangat vital fungsinya karena inilah yang bertugas menghubungkan
crankset chain ring dengan komponen roda belakang, sehingga sepeda dapat melaju.
Idler Pulley
Adalah bagian dari Rear Derailleur (RD), yang berupa
gear (gigi) kecil disertai
tension (biasanya berupa per/pegas) yang berfungsi agar
chain (rantai) tetep lurus dan tidak kendor.
Front Derailleur
Komponen vital pada sepeda gunung, berfungsi untuk mengatur pemindahan gigi depan
(chain rings). Lebih dikenal dengan istilah FD, yang terhubung langsung dengan
shifter. Rear Derailleur
Komponen vital pada sepeda gunung, berfungsi mengatur pemindahan gigi belakang. Lebih dikenal dengan istilah RD, terhubung langsung dengan
shifter. Rims
Merupakan komponen
wheel set (roda) yang lebih dikenal dengan
velg (pelek) sepeda.
Tire
Ban. Terbuat dari karet, sesuaikanlah jenis dan ukuran ban dengan kebutuhan anda. Ukuran ban untuk jenis aspal
(road) biasanya tapak kecil dan motif standart. Untuk ada yang menggemari
offroad atau bahkan
downhill pilihlah jenis ban dengan tapak lebar dan motif khusus
full offroad. Front Fork
Suspensi depan, Merupakan bagian sepeda yang berfungsi menghubungkan roda
(whellset) depan dengan kemudi
(handle bar).
Fork yang beredar di pasaran tersedia berbagai jenis, merek dan ukuran. Sesuaikanlah jenis dan ukuran
fork dengan kebutuhan anda, untuk medan aspal gunakan
fork dengan panjang
travel standar, sedangkan untuk penggemar
downhill biasanya menggunakan
travel yang panjang.
Master Disk Brake
Komponen
brake (rem), merupakan rumah bagi kampas rem. Komponen ini berfungsi untuk menjepit
disk brake ketika kita melakukan pengereman.
Disk Brake
Cakram, berupa piringan terhubung langsung dengan
wheelset baik depan atau belakang.
Spokes
Jari-jari roda, menghubungkan
hub dengan
rims (pelek).
Hub
Terletak ditengah roda, disinilah jari-jari dan
rims (pelek) terhubung. Komponen didalamnya terdapat
bearing (gotri).
Sekian postingan saya kali ini, mudah-mudahan dengan ini kita menjadi lebih tahu tentang macam-macam dari sepeda gunung kita. Di postingan saya selanjutnya, saya akan membahas tentang tips untuk
Membeli atau Merakit Sepeda Gunung?.
Salam GOWES!
Sumber: